Senin, 25 Oktober 2010

Astronot Check-in Foursquare di Luar Angkasa

Houston-Check-in di jejaring sosial Foursquare ternyata tidak hanya bisa dilakukan ketika kita berada di bumi. Doug Wheelock, astronot Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA, menjadi orang pertama yang melakukan "check-in" dari Luar Angkasa.

Dia lepas landas pada 15 Juni lalu dengan menumpang Pesawat Ulang Alik Soyuz milik Rusia. Wheelock ditempatkan di Stasiun Luar Angkasa Internasional sejak 22 September, dan memperbaiki modul pompa pendingin yang rusak.

Dari laboratorium itu Wheelock check-in. Dia membuka badge baru dan mendapat pesan, "Anda berada di 354 kilometer di atas Bumi, berjalan dengan kecepatan 281 ribu kilometer per jam dan men-unlocked NASA Explorer Badge! Tunjukan badge ini dan dapatkan satu scoop es krim astronot secara gratis."

"Check-in dari tempat mana pun di dunia termasuk keren, tapi ini benar-benar gila," ujar Dennis Crowley, Kepala Pelaksana dan Pendiri Foursquare. Mereka juga bekerja sama dengan NASA untuk membuat tempat-tempat check-in baru di Luar Angkasa.

"Sehingga astronot bisa menyampaikan hal-hal menarik yang mereka temukan," tulis pernyataan resmi NASA. Layanan ini akan berlaku resmi setelah Wheelock menyelesaikan misinya dan kembali ke Bumi, bulan depan.

Foursquare adalah situs jejaring sosial yang memungkinkan pengguna menyebar informasi tentang lokasi keberadaan mereka. Pengguna yang paling banyak check-in di suatu tempat, otomatis menjadi major alias wali kota tempat itu. Sejak diluncurkan tahun lalu, aplikasi ini telah memiliki empat juta pengguna.

SPACE | REZA M


Sumber
TEMPO Interaktif

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: