Minggu, 21 Juni 2009

" FESTIVAL e-PENDIDIKAN "









Rangkaian kegiatan menuju malam penganugrahan e-pendidikan dimeriahkan dengan perjalanan merentas di 20 ibukota provinsi, dengan rangkaian kegiatan yang dinamakan Festival e-Pendidikan.



KEGIATAN FESTIVAL e-PENDIDIKAN



Duapuluh ibukota provinsi akan turut memeriahkan road to Anugerah dengan festival e-pendidikan.



Kegiatan di 20 kota akan berisi kegiatan bertajuk sosialisasi PUSTEKKOM-Depdiknas, pengembangan dan inovasi Dinas Pendidikan dan masyarakat di daerah, seminar Pemanfaatan TIK untuk pendidikan, kompetisi untuk siswa siswi SD, SLTP, SLTA.



SEMINAR



Sosialisasi PUSTEKKOM-Depdiknas akan berlangsung dalam seminar bertema Membangun insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif dengan pendayagunaan TIK.


Diharapkan peserta akan mengenal dan memahami kegiatan yang telah dilakukan PUSTEKKOM, kemudian diharapkan peserta dapat mendayagunakan sumber yang telah ada sebagai referensi dan insprirasi, bahkan mampu mengoptimalkannya menjadi lebih baik. Waktu paparan juga disediakan bagi Dinas Pendidikan daerah untuk mengetengahkan inovasi dan pendayagunaan TIK untuk kemajuan pendidikan di daerahnya.





Peserta Seminar yaitu Kepala Sekolah, guru-guru khususnya Guru TIK. Seminar dengan tema pemanfaatan TIK untuk pendidikan meliputi tentang e-learning, konten pembelajaran berbasis TIK, inovasi TIK untuk pendidikan.





Pembicara yang akan dihadirkan adalah para praktisi, guru-guru di daerah dan PEMDA yang telah melakukan inovasi dan terobosan pendayagunaan TIK dalam kegiatan belajar mengajar.

KOMPETISI

KIHAJAR



Rangkaian acara festival juga berisi kompetisi Kihajar harian dan provinsi untuk siswa/i tingkat SLTP, workshop dan kompetisi cerdas-kreatif dengan TIK untuk siswa/i tingkat SLTP dan SLTA, kompetisi edu games untuk tingkat SD.



Kompetisi Kihajar dalam festival e-pendidikan akan menjaring semi finalis yang langsung dipertemukan dengan semi finalis provinsi pada sore harinya. Siswa/i akan menjawab soal-soal menggunakan perangkat yang disediakan Panitia.



WORKSHOP EDU REPORTER DAN KOMPETISI CERDAS-KREATIF DENGAN TIK



Perkembangan teknologi memungkinkan dan mempermudah setiap orang bisa menulis dan tulisannya dapat diakses seluruh dunia dengan cepat.



Workshop edu reporter dan kompetisi cerdas-kreatif dengan TIK akan merupakan arena coba teknologi dan menyampaikan edukasi mengenai etika menulis reportase, khususnya untuk online jurnalism.



Dengan berbagai fasilitas TIK yang disediakan seperti handphone, komputer, scanner, kamera digital, printer dan bahan tulisan yang disediakan maupun yang dicari sendiri, peserta akan berlomba menyajikan tulisan yang menarik secara konten dan tampilan.



Peserta adalah siswa/I tingkat SLTP yang telah menjadi peserta kompetisi edu reporter online maupun yang belum terdaftar.



KOMPETISI EDU GAMES



Kompetisi edu games adalah kompetisi dengan menggunakan materi computer multimedia games edutainment seperti permainan logika, pemecahan masalah untuk peserta tingkat SD.



Diharapkan kegiatan ini akan memberi insprirasi bagi pengelola pendidikan khususnya dalam melengkapi bahan ajar berbasis multimedia edutainment.



Pemilihan program edutainment di sekolah atau rumah diharapkan dapat memberi suasana belajar yang menyenangkan dan berdampak positif bagi perkembangan mental anak didik.

Info lebih lengkap kunjungi web ini :

http://e-pendidikan.depdiknas.go.id/index.php?mid=2&lvl=1



Tidak ada komentar: