Sabtu, 04 April 2009

" Tutorial Zend "

hallo semua,,,selamat datang di blog saya, pada tutorial kali ini saya akan membahas cara membuat web dengan framework...tapi sebelumnya saya akan memperkenalkan dulu konsep framework yang akan saya gunakan pada tutorial ini.
mengapa perlu framework ? yes, framework tentunya digunakan oleh developer2 untuk memudahkan pekerjaannya, dalam artian project yang sedang dikerjakan tersimpan secara terstruktur sehingga mudah diperbaiki jika ada kesalahan, dan tidak perlu membongkar semua data-data...karena tata cara framework telah terset sedemikian mengikuti kaidah2 yang telah ditetapkan.


oke framework yang akan saya gunakan adalah Zend Framework. sebagaimana diketahui ada banyak sekali framework2 yang beredar diantaranya code igniter, cakePHP, symfony, dll...tapi saya menggunakan Zend karena ada beberapa keunggulan diantaranya :

# Dibuat oleh Zend, pengembang engine PHP
# Dibangun diatas teknologi php 5
# Lisensi Open Source berbasis BSD yang fleksibel baik untuk pengembangan aplikasi open source maupun komersial
# Dokumentasi lengkap (lebih dari 500 halaman)
# Proses pengembangan Zend Framework menyertakan unit test yang lengkap, mencakup 84% kode yang ada
# Library yang menyediakan fungsi yang lengkap sehingga hampir semua kebutuhan pengembangan aplikasi web dapat terpenuhi
# Mendukung pengembangan aplikasi MVC
# URL yang bagus dan search engine friendly

Oke, dari keunggulan2 diatas terdapat konsep MVC, apa itu MVC ?
MVC adalah metode framework yang menerapkan konsep Model, View, dan Controller.
Model adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan aplikasi khusunya yang menyangkut i database, web service, feeds, dll

View adalah segala sesuatu dalam bentuk layout atau tampilan (HTML) yang nantinya akan ditampilkan ke user...

Controller adalah logic dari semua proses yang terjadi pada aplikasi anda, fungsinya adalah mengatur inputan dan output dari aplikasi anda...

masih bingung ? yap lalu apa hubungan model, view dan controller tersebut satu sama lain ?
controller - view = controller memproses inputan atau logic yang kemudian akan mengirimkan ke view, di view nantinya akan dipanggil dalam code PHP yang diselipkan di HTML.

controller - model = hubungan controller dengan model sangat diperlukan karena di Model lah yang akan memberikan data lalu di proses di controller, ataupun sebaliknya controller dapat mengirimkan parameter yang kemudian ditangkap di Model.

view - model = hubungan view dengan model, view dapat mengakses model untuk menerima data, tetapi tidak dapat mengirimkan ke model.

untuk lebih jelasnya dan download zend library bisa akses link ini

oke kita bersambung ke bagian 2...

Tidak ada komentar: