Minggu, 26 Juli 2009

" Digelar, Lomba Karya Video Anak Indonesia! "










JAKARTA, KOMPAS.com - Tepat di perayaan Hari Anak Nasional (23/7), Kids Witness News Indonesia (KWNI) 2009 resmi digelar sebagai lomba karya video untuk anak umur 10-15 tahun. Selain mencari bibit baru, kegiatan diharapkan bisa menjadi wadah anak menampilkan kreativitasnya.




Pada penyelenggaraannya tahun ini, KWNI bertemakan "Negeriku, Budayaku, dan Lingkungan Hidup". Tema ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian anak-anak terhadap budaya dan lingkungan di sekitarnya. Selain itu, anak-anak juga bisa menjadi corong budaya, yang pada akhirnya bisa menjaga budayanya sendiri.

Kids Witness News pertama kali diselenggarakan di Indonesia pada 2004 lalu. Pada penyelengaraan yang keenam tahun ini, KWNI lebih serius untuk mendapatkan bibit-bibit kreatif baru dengan mendatangi sekolah-sekolah di Jabodetabek, bahkan hingga ke luar Jawa.

"Lomba ini merupakan wadah bagi anak Indonesia untuk menampilkan kreativitas dan menemukan bibit-bibit baru yang membanggakan bangsa," ujar Santi Turino, Corporate Communication Manager dari Panasonic, yang menjadi penyelenggara lomba.

Menurut Santi, lomba bisa diikuti dengan membentuk kelompok yang terdiri dari 2 sampai 10 anak dari sekolah yang sama. Untuk tahap pertama, lanjut Santi, yang perlu dikirimkan ke pihak panitia adalah jalan ceritanya.

Materi tersebut kemudian diseleksi oleh para juri untuk memperoleh 10 kelompok. Setelah itu, peserta baru membuat videonya. Tahun ini, KWNI memiliki sembilan orang juri, di antaranya adalah Garin Nugroho (sutradara), Subagjo Budisantoso (Wakil Dekan IKJ), dan Titin Rosmasari (Pemimpin Redaksi Salah Satu Televisi Swasta).

"Saya berharap melalui lomba ini akan muncul insan-insan film di masa akan datang," harap Subagjo Budisantoso, salah satu juri lomba.

Menariknya, KWNI tidak hanya akan diadakan di tingkat nasional. Bagi pemenang nasional akan diberikan kesempatan mengikuti Kids Witness News tingkat global. Di tingkat global, video pemenang karya anak negeri akan bersaing dengan video-video hasil karya anak-anak dari berbagai negara. (M6-09/M7-09)

Info lebih lengkap silakan mengakses website berikut: http://kwn-id. com/

2 komentar:

Yanuar Catur mengatakan...

wah,,lomba yang keren nih
coba dulu dechh
hehehehe

alone_ranger mengatakan...

wah lomba na manab nic