Rabu, 23 Maret 2011

Nokia Siemens Networks (NSN) meluncurkan arsitektur baru Liquid Radio

Nokia Siemens Networks (NSN) meluncurkan arsitektur baru untuk jaringan bergeraknya.
Dikenal sebagai Liquid Radio, teknologi anyar NSN ini diharapkan mampu membuat pendekatan penggunaan sumber daya jaringan yang lebih ekonomis, serta dilakukan pembagian dan pendistribusian kembali kapasitas berdasarkan kebutuhan pengguna.

Selain itu, NSN juga telah mengumumkan Flexi Multiradio Antenna System yang inovatif sebagai bagian dari arsitektur Liquid Radio.

“Liquid tidak terkungkung, sehingga dapat mengalir untuk mengisi setiap celah atau ruang,” kata Thorsten Robrecht (Head of Networks Systems Product Management, Nokia Siemens Networks).

Dengan arsitektur Liquid Radio ini semua penghalang dalam jaringan broadband konvensional dapat dihilangkan. Terutama untuk mengatasi fluktuasi trafik karena pergerakan pengguna di dalam jaringan.

Jadi, inti dari Liquid Radio NSN terletak pada kemampuannya untuk merespon kebutuhan yang berfluktuasi dalam jaringan saat ini. Adapun teknik yang digunakan dikenal dengan nama ‘baseband pooling’.

Pendekatan seperti ini akan memfokuskan sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan fungsi-fungsi pemrosesan yang umum pada setiap base station di satu area tertentu. ‘Baseband pooling’ ini nantinya bertugas mewujudkan pembagian sumber daya yang lebih hemat biaya dalam wilayah geografis yang luas.

Dengan portofolio produk dan layanan profesional yang luas dan unik ini, NSN membantu operator-operator untuk menyatukan jaringan-jaringan yang heterogen.

“Kami meramalkan permintaan terhadap kapasitas jaringan meningkat hingga 1 GB per pengguna satu hari,” kata Robrecht. Hal tersebut tidak saja membutuhkan investasi-investasi jaringan yang sangat besar, tetapi juga kombinasi unik dari berbagai situs base station untuk cakupan wilayah yang luas, dilengkapi dengan WiFi dan sel-sel mikro, pico dan femto yang kecil dan ringkas.

Nokia Siemens Liquid Radio memastikan bahwa investasi-investasi jaringan yang telah ada akan sepenuhnya dimanfaatkan dan investasi di masa depan akan menghasilkan imbal balik yang dibutuhkan untuk mendukung tantangan besar saat ini dalam menjaga dan melakukan transisi GSM, mengevolusikan 3G dan memperkenalkan LTE dan LTE-Advanced . (Infokomputer.com)

Tidak ada komentar: