Selasa, 19 Januari 2010

Kesalahan Tubuh dalam Penggunaan Komputer


Mata gw gatel…

Mata gw berat…

Apa gw kurang tidur…???

Ah…rasanya waktu 7 jam yang gw gunakan adalah waktu yang relatif normal digunakan untuk mata beristirahat…


Lalu…kenapa mata gw sering sekali berat+gatel, padahal ga merah…

Apa ini termasuk dalam kategori iritasi mata…??

Kemudian, gw pun memutuskan untuk ke dokter mata. Jaga-jaga kalau ada penyakit mata yang datang.

Dokter : Apa kerjaan kamu sehari-hari?

Bieb: Saya setiap hari berada di depan komputer dok.

Dokter: Kamu maen komputernya gimana? Ngetik atau baca atau gimana?

Bieb: (dalam hati) Heh…?? Maen komputer??

Emang kerjaan saya dok, ngecek data di komputer.

Dokter: Ooo…bisa jadi gatel kamu disebab kan karena salah saat maen komputer??

Bieb: Tuz jadinya gimana dok…??

Dokter: Begini…

Dan dokter pun menjelaskan cara yang baik saat penggunaan komputer

1. Kedudukan mata harus lebih tinggi dari layar monitor. Titik tengah komputer berada sejajar dengan dada qt. Dan jarak antara monitor dengan tubuh qt adalah 75 cm.
2. Posisi tulang pada leher sampai tulang punggung harus lurus/sebidang. Tidak boleh bungkuk.
3. Cahaya harus berada di tengah antara layar monitor dan tubuh qt. Tidak boleh diatas tubuh qt ataupun tepat diatas monitor.
4. Pergerakan mata tidak boleh terlalu berlebihan. Jika qt mengharuskan untuk memasukkan data dari kertas ke komputer, maka posisi kertas yang tepat yaitu ada pada bawah monitor. Tidak disamping qt. karena hal itu berakibat kerja otot mata akan lebih banyak.
5. Aturlah besar-kecil tulisan pada komputer serta pencahayaan monitor senyaman mungkin bagi mata Anda.
6. Setiap 3 jam sekali, berikan waktu untuk mata beristirahat. Pejamkan mata sekitar 3-5 menit.

Hmm…ternyata sebenernya untuk bisa tetap sehat dan menjaga apa yang diamanahkan oleh Sang Pencipta tidaklah terlalu rumit, tinggal bagaimana qt membiasakannya.

Makasih dok…


Tidak ada komentar: