Kamis, 02 Juni 2011

GM Bangun Pabrik Motor Listrik Ramah Lingkungan

AWAL bulan ini, General Motors (GM) mulai membangun pabrik yang akan menjadi fasilitas produksi motor listrik pertama yang dioperasikan oleh produsen mobil terbesar Amerika Serikat itu. Pabrik yang didirikan tidak jauh dari Baltimore, Maryland ini didedikasikan untuk membuat komponen penting yang dibutuhkan oleh kendaraan listrik.

Fasilitas yang dibangun dengan investasi senilai US$244,5 juta atau hampir Rp2 triliun ini akan berdiri di lahan kompleks GM di Baltimore, berbatasan dengan pabrik transmisi Allison di White Marsh, Maryland.

Pabrik yang rencananya akan selesai pada 2013 ini, akan beroperasi pertama kali memproduksi motor listrik untuk kendaraan-kendaraan plug-in dan hybrid GM generasi mendatang. Pabrik ini diperkirakan mempekerjakan sekitar 190 karyawan dalam kegiatan operasinya.

Fasilitas pembuatan komponen motor listrik ini menggunakan tenaga listrik yang sebagian dihasilkan oleh atap pembangkit listrik bertenaga surya yang mampu menghasilkan daya sebesar 1,23 mega-watt. Daya yang dihasilkan oleh panel surya ini diperkirakan akan menyumbang 9% dari energi yang dibutuhkan pabrik.

Pabrik GM di Baltimore memang dikenal berbeda karena menggunakan energi yang dapat diperbarui dan tidak menghasilkan limbah. Oleh karena itu pabrik ini dianugerahi status sebagai pabrik dengan limbah nol pada 2007. Seluruh limbah yang dihasilkan selama pabrik beroperasi setiap hari, akan dikirim untuk proses daur ulang, digunakan kembali atau diubah menjadi energi. (OL-07)

Tidak ada komentar: