Kamis, 02 Juni 2011

Perempuan Aussie Ciptakan Helm Lipat

JESSICA Dunn, perempuan berkebangsaan Australia berusia dua puluh lima tahun, menghabiskan waktu selama lima bulan berkendara sepeda motor di Indonesia dalam program pertukaran pelajar. Berkendara sepeda motor selama itu, berarti ia harus selalu memakai helm selama 150 hari.

Lewat pengalamannya tersebut, ia pun mengembangkan helm lipat Proteus yang membuatnya saat ini menjadi salah satu finalis James Dysan Award. Lapisan luar terbuat dari bahan polycarbonate yang menutupi busa polystyrene. Sementara lapisan terdalam terbuat dari bahan lentur dalam penggunaan normal namun dapat mengeras seketika saat terbentur.

Cara melipat helm itu sendiri, persis seperti proses terlipatnya atap keras pada mobil konvertibel. Visor digeser ke atas, sementara bagian samping dan belakang helm dapat dilipat ke bagian dalam sehingga bentuknya mengecil 20% dari ukuran sebelumnya.

Helm berformat half face ini telah dibuat dan dirancang untuk memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan pemerintah Australia, dan saat terlipat penuh maka dengan mudah helm ini dapat dimasukkan ke dalam tas ransel berukuran standar. (OL-07)

Tidak ada komentar: