Kamis, 02 Juni 2011

Mobil Hamster Bertenaga Monster

SEJAK pertama kali diluncurkan akhir tahun lalu. Selain memperoleh 5 bintang dari Euro NCAP saat uji tabrakan, kendaraan ini dikagumi wartawan karena konsumsi bbm-nya 23,5 km/liter.

Yang mengejutkan dari Audi, kompartemen kecil A1 yang awalnya berisi mesin TFSI 1.2 liter bertenaga 86 PS, kini diisi oleh mesin 5 silinder 2.5 liter TFSI yang mampu menghasilkan tenaga hingga 503 PS, enam kali lebih bertenaga dibanding aslinya. Sedangkan torsinya melonjak hingga menembus angka 660 Nm.

Kombinasi angka tersebut mampu membuat A1 ClubSport Quattro melesat dari 0 ke 100 Km/jam hanya dalam hitungan 3,7 detik! Sedangkan untuk mencapai kecepatan 200 km/jam hothatch ini hanya membutuhkan tempo 10,9 detik! Fantastis.

Mobil Audi paling kecil ini telah melakukan debutnya di acara pertemuan tahunan Wortherseetour ke-30 bagi para penggemar model-model keluaran VW Group, termasuk Audi, Porsche, Lamborghini SEAT, Skoda, Bentley dan Bugatti.

Audi A1 ClubSport Quattro berhasil mencatatkan performa mengangumkan lewat bobotnya yang sangat ringan hanya 1.390 kg. Bagian atapnya terbuat dari material serat karbon, begitu pula dengan sayap ganda di bagian atap belakangnya. Sedangkan jok yang juga terbuat dari serat karbon di dalamnya, dipinjam dari Audi R8 GT.

Tenaga penggeraknya, memanfaatkan mesin RS3 Sportback 2.5 liter lima silinder dengan turbocharger dan direct fuel injection yang dimodifikasi secara total. Seluruh aspek mesin telah mengalami pengerjaan ulang seperti pada turbocharger, intercooler dan saluran intake dan pembuangan sehingga menghasilkan tenaga maksimal yang sanggup menyundul angka 503 PS yang tersaji pada putaran mesin antara 2.500 hingga 5.300 rpm.

Sistem transmisi manual model paddle shift dengan enam tingkat kecepatannya dicomot langsung dari Audi TT RS, begitu juga dengan sistem penggerak all-wheel-drive Quattro-nya. Bisa dibilang, ini adalah kendaraan sub-kompak paling hot di muka bumi.

Untuk mengimbangi kemampuan showcar ini, roda bagian depan dipersenjatai dengan cakram serat karbon keramik berventilasi yang dijepit oleh enam buah kaliper piston, sedangkan pegas suspensinya dilengkali peredam yang dapat diatur performa compression maupun damping-nya.

Tidak ada komentar: