Minggu, 13 Desember 2009

Seni menulis


Menulis, jika sepakat dianggap sebagai seni, adalah seni yang bisa dilakukan oleh siapapun tanpa keterampilan khusus. Setiap yang bisa berkomunikasi, bisa menulis. Hebatnya orang buta hurufpun tetap bisa menulis. Ucapkan saja, catat oleh orang lain, dan jadilah tulisan. Begitulah indahnya tulis menulis.

Bidang yang bisa jadi tulisan? Semua. Apapun yang berkaitan langsung atau tidak langsung atau tidak berkaitan sama sekali bisa menjadi bidang tulisan. Bisa dituliskan. Terserah seperti apa pembagian (kriteria) “bidang” semua bisa menjadi bahan tulisan. Kebebasan luar biasa untuk berekspresi dengan tulisan. Semua bisa dituliskan.

Tidak demikian halnya dengan seni lain. Pernahkan mendengar lukisan “asin” atau “merdu”? Nah dengan menulis asin bisa dituliskan merdu juga dapat. Apa-apa yang bisa diindrai bisa ditulisakan. Bahkan tidak terbatas pada lima indra saja. Kita bisa menambah sampai jumlah banyak sekali ‘indra’ kita dan menuliskan kesan atau persepsi dari indra-indra tersebut. Buat tulisan mengenai aspal jalan saat hujan dengan indra ke-enam. Bukan hitam, bukan basah, bukan licinnya, tapi tentang asal aspal jalan itu (jangan-jangan hasil mendzolimi rakyat), manfaatnya buat orang banyak. Juga mudharat nya buat masyarakat.

Media menulis juga luar biasa banyak pilihan. Tinggal pilih yang dirasa paling sesuai. Familiar dengan internet? gunakan internet untuk menulis. Banyak juga pilihan media menulis di internet. Gratis, hampir gratis atau mahal, tinggal pilih saja yang cocok.

Nah sangat terbuka dan menarik bukan? Menurut para Guru dan Master menulis, mulai saja menulis. Jangan menyusun rencana dan harapan dulu. Malah nanti tidak jadi-jadi menulis. Jadi tunggu apa lagi? Mari menulis apa saja. Selama tidak melanggar aturan, gampang kok, hindari SARA, pornografi, fitnah dan hal-hal negatif lain. Dijamin aman. Atau gampangnya (kalo menulis di blog) lihat saja TOS dari layanan yang digunakan. Aman.

1 komentar:

PingugOblOg mengatakan...

menulis itu btuh inspirasi juga....


Ditunggu Comment baliknya ya!!!
Regards : PingugOblOg