Selasa, 15 September 2009

Perkembangan Teknologi Green IT

Para Eksekutif TI Juga melaporkan peningkatan signifikan dalam anggaran ramah lingkungan 75% dalam 12 bulan kedepan.

Bagaimana mengimplementasikan strategi dan solusi untuk membantu mengurangi limbah elektronik yang terkait dengan software, hardware, fasilitas dan perencana komputer teknologi green digunakan u/ sebagai perangkat pendingin dan menggunakn jet modern yang bisa mengurangi panas dan membuat baterai lebih tahan lama serta micropropesor yang bisa menghemat listrik.



Tujuan dan manfaat

Tujuan: power energi saving

manfaat: Hemat listrik dan ramah lingkungan

perancangan dan implementasi

menghidari spase yg terlalu besar

menekan pengerluaran daya listrik yang besar

gampang di bawa.

cotohnya:

Acer menggunakan power smart key yang menghemat listrik hingga 40 %

PC hp berdasarkan prosesor AMD cool in Q.Vite.2.0 yang bekerja dengan efektif dan efisien sehingga mengurangi daya yang terpakai.

Notebook Toshiba R400 Tablet pc yang baterinya dapat tahan 10 jam.

Solusi Teknologi green day

-Sebagai gerakan peduli terhadap lingkungan menawar solusi teknologi yang berbasis ramah lingkungan solusi ini dinamakan Bioport.

-Bioport atau yang biasa disebut dengan teknologi lubang resapan. Bioport merupakan alternatif untuk meresapkan air hujan ke dalam tanah. selain dengan mengunakan sumur resapan.

-Pemanfaatan Bioport ini akan membuat keseimbangan alam akan terjaga sampah organik yang sering menimbulkan bau tidak sedap dapat teranggani di samping itu juga dapat menyimpan air untuk musim kemarau.

-Selain itu kelebihan dari bioport ini adalah memperkaya kandungan air hujan karena setelah diresapkan kedalam tanah lewat bioport yang mengandung lumpur dan bakteri air akan melarut dan kemudian mengandung mineral-mineral yang diperlukan oleh kehidupan . adapun tujuan kubang resapanBioport (LBR) ini adalah agar air masuk sebanyak mungkin ke dalam tanah.

Kesimpulan:

Produk IT bisa menciptakan ramah lingkungan yang mrengakibatkan tidak rusak lapisan ozon di bumi ini.

kehadiran teknologi ramah lingkungan adalah solusi bagi kehidupan berkesinambungan yang dapat di pertanggung jawabkan kebutuhan akan hal itu adlah mutlak jika tidak maka hal itu akan menjadi beban berat bagi generasi berikutnya dimana mereka akan mewarisi sampah polusi dan segudang masalah lingkungan yang mempengaruhi kehidupan paling dasar.

by: Bpk.Muljadi Thio, S.kom , MM, MBA

1 komentar:

Unknown mengatakan...

setuju tuh,stop global warming,go green