Sabtu, 24 Oktober 2009

Malaysia Subsidi Warga Indonesia

Malaysia telah ikut memberikan subsidi kepada rakyat Indonesia yang hidup di daerah perbatasan, karena banyak kebutuhan pokoknya mengalir dan dinikmati mereka dengan harga yang lebih murah.


"Bahan-bahan pokok seperti gula, beras, minyak goreng, tepung dan gas elpiji berasal dari Sarawak yang mengalir ke daerah perbatasan di Kalimantan Barat," kata acting KJRI Kuching Rafael Walangitan di Kuching, Rabu.
"Lihat saja di warung-warung makanan di perbatasan pasti mereka menggunakan gas elpisi produksi Petronas bukan gas elpiji Pertamina. Mungkin karena harga gas elpiji Petrionas lebih murah dari Pertamina bagi masyarakat perbatasan di Kalimantan Barat," katanya.
"Tidak sedikit rakyat Indonesia di perbatasan mengisi bahan bakar mobil di Tebedu, Sarawak. Lihat saja, stasiun pengisian bensin terdekat adanya di Tebedu yakni milik Petronas. Ketika harga minyak naik, Malaysia melarang rakyat negara lain beli minyaknya, hanya di perbatasan Sarawak dan Kalimantan Barat saja dikecualikan karena protes para pengusaha pompa bensin Malaysia akibat sepi pembeli," kata Rafael.
Dengan demikian secara langsung Malaysia telah ikut memberikan subsidi pada rakyat Indonesia di perbatasan atas keperluan bahan-bahan pokoknya.
"Apalagi Sarawak ingin seperti Singapura. Mereka ingin menjadi pusat perdagangan. Bahan pokok yang diimpor dari China seperti beras dan gula kemudian hanya dikemas ulang bungkusnya kemudian diekspor ke Indonesia melalui Kalimantan Barat," katanya.
Oleh sebab itu, Malaysia sangat berkepentingan agar nilai perdagangan lintas Indonesia - Malaysia dinaikkan dari 600 ringgit per hari agar arus pedagangan lintas batas semakin besar.
Sementara arus barang dari Kalimantan Barat yang masuk ke Sarawak adalah sayur-sayuran, telur, dan kini mulai banyak ayam segar masuk dari Kalimantan Barat ke Sarawak.
Pertumbuhan ekonomi di Kuching Sarawak semakin pesat. Menurut gubernur Sarawak Abdul Taib Mahmud, pihaknya akan membangun kawasan industri di perbatasan, khusus barang elektronik dan kebutuhan tenaga kerjanya diharapkan dari Kalimantan.

Tidak ada komentar: