Sabtu, 24 Oktober 2009

Sosialisme di Kelas

Seorang professor ekonomi di sebuah perguruan tinggi suatu kali kebingungan menghadapi sebuah kelas yang diajarnya karena semua mahasiswanya ngotot menyatakan bahwa sosialisme adalah sebuah sistem yang sempurna karena dalam sistem tersebut dijamin tidak akan ada yang miskin maupun kaya dan semua akan mendapatkan sama rata.
Si professor kemudian berkata,:”Baiklah. Mari kita bikin eksperimen di kelas ini mengenai Sosialisme. Semua nilai ujian akan saya bikin rata-rata dan setiap mahasiswa akan menerima nilai yang sama dan tidak akan ada mahasiswa yang gagal dan juga tidak akan ada yang mendapat nilai A.


Pada tes pertama nilai para mahasiswa dibikin rata-rata dan setiap mereka mendapatkan nilai B.
Mahasiswa yang bekerja keras merasa kecewa tapi mahasiswa yang belajar asal-asalan merasa gembira.
Pada tes berikutnya mahasiswa yang belajar asal-asalan menjadi semakin malas dan mahasiswa yang semula mau belajar keras juga ingin numpang nilai pada mahasiswa yang dapat nilai bagus.
Akhirnya tes tersebut rata-ratanya adalah D! Kali ini tak ada yang senang.
Tes berikutnya justru lebih parah. Karena tak ada lagi yang mau belajar mereka akhirnya mendapat nilai rata-rata F! Tak ada yang mau belajar keras karena nantinya nilainya toh akan dirata-ratakan dengan yang malas. Sejak itu nilai mereka tidak pernah beranjak dari F karena tak ada yang mau belajar untuk keuntungan teman lainnya.
Akhirnya semua mahasiswa yang mengambil mata kuliah yang didasarkan pada prinsip sosialisme tersebut gagal semua dan tidak ada lagi yang mau mengadopsinya!

Sumber satria

Tidak ada komentar: