Senin, 03 Agustus 2009

" Bakteri di Ponsel "
















Sebelum nya berapa banyak kita membersihkan Hp kita dengan ruti ?. Mungkin banyak yang terperanga dan baru sadar bahwa kita jarang atau hanpir tidak pernah sama sekali membersihkan hP yang kita miliki. banyak yang tidak mengetahui betapa pentingnya membersihkan alat komunikasi kesayangan kita itu. Hal ini masih dipandang sebelah mata. Mungkin sekarang saat nya kita mengubah kebiasaan buruk itu. Sangat ironis bilamana kita melihat kebiassan buruk itu. Dampak yang menghantui kita saat dan setiap waktu.





Para peneliti di Skotlandia menemukan hay yang sangat mengejutkan bahwa bakteri yang mematikan dapat bersarang di HP kitaMayoritas bakteri itu tidak berbahaya. Namun ada juga bakteri yang bersifat fatal, diantaranya Clastridium difficile (C.diff) dan MRSA (Methicilin Resistant Staphylococus Awaous).

PAda tahun 2007 terdapat 6340 kasus infeksi C.diff di rumah sakit Scotlandia. Adapun kasus kematian yang berhubungan dengan MRSA mencapai ratusan dala periode yang sama. Bakteri yang mematikan itu tanpa sadar terbawa via HP pasien atau staf rumah sakit.

Hasil penelitian tersebut diumukan oleh para peneliti kesehatan dari Western General Hospital di Scotlandia. , Richard Brady. Brady memaparkan bahwa study ini dilakukan terkait dengan makin meningkatnya penggunaan HP dikalangan staf rumah sakit. Penelitian dilakukan oleh Scottish Infection Research Network, dan dikerjakan bersama beberapa ilmuwan penguruan tinggi, misalnya Manchester Metropolitan University.

Sementara itu, saat ini HP adalah alat komunikasi yang hampir tidak pernah lepas dari tangan kita. Dan bila mana kita ingat bahaimana HP digunakan setiap hari yang digunakan setiap hari pula, bahkan menjadi pasangan setiap hari.

Berdasarkan hasil penelitian Charles Gerba, PhD, pkar dari university of arizona, mengatakan tempat favorit bakteri di HP adalah di keypad dan mouthpoces. Bisa dibayangkan kan bilamana kita memencet keypad dan bakteri itu berada di tangan dan tanpa sengaja masuk ke dalam mulut kita.

Tamabahan lagi pagi pengguna earphone, headset, maupun headphone. ada sebuah study, penggunaan barang tersebut selama satu jam bisa mengakibatkan meningkatnya perkembang biakan bakteri dalam telinga kita sebesar 7000 kali.

Tidak ada komentar: