Minggu, 08 November 2009

Hujan-hujanan boleh, asal...

Musim hujan telah tiba. Bagi adik-adik yang suka bermain air atau hujan-hujanan, tentu musim hujan saat yang menyenangkan. Tapi ingat! Jangan kelamaan kalau main hujan-hujanan ya.


Mendung mulai menutup langit. Itu tanda hujan segera turun. Nah bagi adik-adik yang bersiap main hujan-hujanan, ingat jangan masih mengenakan seragam sekolah. Kalau main hujan-hujanan, pasti kotor kan? Makanya, kenakan baju bermain yang sudah tak terlalu bagus.
Hujan turun, permainan bisa dimulai. Tapi, tetap harus waspada. Apalagi kalau hujan turun disertai petir, mendingan adik-adik tidak usah main hujan-hujanan, main di dalam rumah saja. Sebab, sangat berbahaya bermain di tengah petir yang menyambar. Bisa-bisa adik-adik tersengat atau tersambar petir yang akibatnya sangat fatal, ngeri kan? Begitu juga kalau hujannya terlalu deras dan disertai angin, lebih baik bermain di rumah.
Ada banyak permainan yang bisa dilakukan di bawah siraman hujan. Bagi anak cowok, biasanya lebih suka bermain bola. Wah, bisa dibayangkan, pasti seru banget bermain bola di tengah hujan.
Sedangkan anak perempuan, biasanya main petak umpet atau berlari-lari di jalanan atau di tempat yang lapang.
Seperti dikatakan teman kamu, Bagus Zaenal yang tinggal di Banjarsari, Solo. “Kalau hujan-hujanan biasanya sore-sore. Asyiknya main bola bersama teman-teman,” kata dia.
Sementara teman kamu yang lain, Ardina, lebih suka berlari-lari kecil sambil bercanda. “Lari-lari saja sambil main air. Hehe...,” kelakar Ardian, yang tinggal di Sumber Solo.
Nah, adik-adik perlu mengingat yang ini juga ya, jangan bermain hujan-hujanan di dekat saluran air. Sebab, saat hujan biasanya permukaan jalan dan saluran tertutup air. Sehingga adik-adik tak bisa melihat batas jalan dan saluran dan akhirnya terjera lembab lalu terseret air. Kalau sudah merasa kedinginan, segera berhenti bermain dan pulang. Mintalah orangtua atau orang di rumah untuk memanaskan air buat mandi. “Biasanya saya bilang jangan lama-lama di luar. Nanti bisa pilek atau gatal-gatal “ ujar Ny Kamto, salah satu warga Solo.
Sementara, Ny Ary, warga Sumber, Solo juga mengatakan saat anak-anak bermain di bawah siraman hujan, sebaiknya diawasi. “Sebisa mungkin jangan jauh-jauh dari rumah.” - Oleh : Oleh : Kak Alo


Solopos

Tidak ada komentar: