Jumat, 06 November 2009

Menkominfo Dukung Indonesia dalam Olimpiade Robot di Korsel

Untuk pertama kalinya, sejak tahun 2008, Robotic Organizing Committee Indonesia (ROCI) berhasil membawa Team Robotika Indonesia untuk ikut serta dalam ajang International Robotic Olympiad (IRO) di Korea Selatan, 17 – 21 Desember 2009 mendatang


Sebelumnya, Indonesia mengirim 43 orang delegasi berbagai sekolah, baik SD, SMP dan SMU. Diantaranya berasal dari Jakarta, Bandung, Sidoarjo (Surabaya). Dan hasilnya, untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia memperoleh satu medali perak (silver medal) dan 9 penghargaan khusus (special award).

Chairman ROCI, Santoso Gondowidjojo mengatakan, saat ini Team Robotika Indonesia tengah sibuk mempersiapkan diri untuk ikut serta dalam International Robotic Olympiad (IRO) ke 10 di Daejeon, Korea Selatan.

“Team Robotika Indonesia yang bersiap diri dan akan berangkat tahun ini berjumlah kurang lebih 50 orang,” tambahnya.

Wahidin Wahab, President ROCI menambahkan, ROCI memberikan bimbingan dan pengarahan bagi para siswa sebagai persiapan dalam menghadapi perlombaan tingkat dunia ini. Untuk mensosialisasikan bidang robotika kepada masyarakat, khususnya para pelajar dan sekolah sebagai institusi, maka ROCI melakukan berbagai kegiatan diantaranya seminar, workshop dan pameran.

Sebelum menuju ke Korea Selatan, ROCI terus menggalang dukungan masyarakat pada Team Robotic Indonesia. Salah satunya melalui ajang Indocomtech 2009 yang diselenggarakan 4-8 November 2009 mendatang. Melalui pameran ini diharapkan, kelak, makin banyak siswa Indonesia yang bisa memperoleh kesempatan ikut dalam IRO dan membuktikan kemampuannya yang tidak kalah dengan bangsa lain dalam ajang lomba robot tingkat dunia ini.

Yang menggembirakan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring turut menyatakan dukungannya terhadap Team Robotika Indonesia dan sebagai bentuk apresiasinya terhadap kemajuan teknologi robot di Indoesia, saat pembukaan Indocomtech 2009 nanti (4/10), Tifatul akan menyerahkan tiga unit Hewlett Packard (HP Mini) kepada 3 orang siswa SMPK BPK Penabur Gading Serpong (Adinugroho Harlianto, Moses Natadirja dan Yudistira Hartanto) yang memperoleh medali perak di International Robotic Olympiad tahun lalu di Kuala Lumpur, Malaysia.

“Dukungan dan doa restu bangsa Indonesia tentunya akan memberikan semangat untuk berjuang dalam acara tersebut. Besar harapan kita semua, Indonesia akan memperoleh medali emas tahun ini,” kata Tifatul kepada Soegiharto Santoso, Pimpinan Umum BISKOM saat melakukan audiensi tentang pameran Indocomtech 2009 di Jakarta.

Sementara Martin Wibisono, Category Director – Personal System Group Hewlett Packard (HP) Indonesia mengatakan, “Event ini sesuai dengan komitmen HP, dimana HP sangat peduli dan memiliki tanggung jawab sosial untuk bersama-sama pemerintah membangun generasi muda yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.”

Di Indocomtech 2009 pula, berbagai robot karya anak bangsa dipamerkan untuk memberikan gambaran kepada masyarakat bahwa bidang ini adalah bidang yang sangat menarik dan mempunyai peluang besar untuk dikembangkan di Indonesia

Semoga sukses Team Robotika Indonesia.


1 komentar:

Unknown mengatakan...

salam sahabat
ehm..postingnya bagus thnxs ya...good luck