Minggu, 08 November 2009

Mengapa jamur tumbuh subur di musim hujan?

Adik-adik, kalian tentu pernah menemukan sekumpulan jamur di bawah pepohonan atau di tumpukan jerami. Pada pergantian musim seperti saat ini jamur tumbuh subur, terutama pada musim hujan, mengapa bisa demikian ya?


Fenomena pergantian musim kemarau ke hujan dalam waktu yang begitu singkat menyebabkan kelembaban udara meningkat cepat. Kondisi yang demikian sangat disukai oleh jamur, karena jamur menyukai tempat-tempat yang lembab. Bagaimana cara perkembangbiakan jamur, ayo siapa tahu?
“Jamur berkembag biak dengan spora dan bertunas,” kata Ortisa, teman kalian yang saat ini duduk di kelas III SDN No 16 Mangkubumen Kidul Solo. Memang benar, jamur berkembangbiak dengan membentuk spora, bertunas, atau fragmentasi.
Saat musim hujan tiba, jamur akan tumbuh subur. Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, salah satunya, sumbar.litbang.deptan.go.id, disebutkan salah satu faktor yang mempercepat perkembangan dan penyebaran jamur adalah adanya percikan air hujan, karena dengan adanya percikan air hujan tersebut spora-spora akan mudah berpindah.
Jamur memiliki kotak spora yang disebut sporangium. Di dalam sporangium terdapat spora. Sebagaimana dikutip www.situshijau.co.id, spora inilah yang dapat dapat digunakan untuk menghasilkan keturunan baru tanpa perlu bergabung dengan sel reproduksi yang lain.
Perlu kalian ketahui tidak semua jamur aman dimakan manusia, ada beberapa jamur yang beracun, ada pula yang dianggap berkhasiat obat, dan beberapa yang lain beracun.
Contoh jamur yang bisa dimakan jamur merang, jamur tiram, jamur kuping, jamur kancing dan jamur shiitake. Musim hujan memang jadi saat yang tepat untuk tumbuh kembang jamur. Jamur-jamur tersebut bisa tumbuh dengan suburnya di lingkungan yang lembab. Jamur merekah selama musim hujan.
Di Taman Nasional Gunung Halimun Salak Jawa Barat misalnya bisa ditemui jamur dengan ukuran tudungnya kurang lebih 2 meter dan berwarna putih pada siang hari.
Nah, di antara kalian, siapa yang pernah mengamati saat jamur mekar dari kuncupnya? Indah sekali tentunya, koloni jamur ini mudah sekali ditemukan setelah hujan reda. Masih penasaran, buktikan saja! - Oleh : Oleh: Kak Ema

Solopos

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Template by:
Free Blog Templates