Senin, 15 Maret 2010

Riset ke Tibet, Nusol Habiskan Rp 4 Miliar

Nusantara Online atau Nusol merupakan game online yang menceritakan kisah peradaban leluhur Indonesia dalam sebuah wacana nusantara. Game yang dimotori oleh Telegraph studio ini pun masih terus dikembangkan hingga siap rilis secara komersil.

Walaupun masih dalam tahap alpha, game ini sudah memakan biaya yang cukup besar. "Sampai saat ini biaya untuk pembuatan Nusol sudah menghabiskan sekitar Rp 4 miliar, itu belum termasuk bantuan yang diberikan oleh pemerintah," ungkap Heru Nugroho, Managing Director Nusantara Online.

Selama dalam proses pembuatannya, Nusantara Online memang mendapatkan sedikit bantuan dari pemerintah. Meski bukan dalam bentuk materi, namun Heru mengakui bantuan tersebut sangat berarti untuk kelanjutan game online pertama buatan Indonesia tersebut.

"Kami bersyukur sudah mendapat sedikit bantuan dari pemerintah, seperti diberikannya fasilitas jaringan di Jakarta secara cuma-cuma dari Telkom," tambah Heru ketika disambangi detikINET di Telegraph Studio, Bandung, Sabtu (13/3/2010).

Proses pembuatan Nusantara Online memang tidak bisa dianggap enteng, riset yang dilakukan oleh tim Telegraph untuk menguak sejarah masa lampau pun terasa sulit karena minimnya bukti prasejarah yang tersisa di Indonesia.

Oleh karena itu, bahkan Heru sempat melakukan riset hingga ke Tibet hanya untuk menemukan naskah yang pernah ditulis bangsa China ketika dulu ekspansi ke Indonesia. Cukup ironis, jika mengetahui bukti sejarah kita justru malah lebih terawat di negara asing.



Sumber
detik.com

Tidak ada komentar: