Selasa, 30 Maret 2010

Teknologi untuk Perpendek Rute ke Mobile Web


Pada acara CTIA Wireless 2010, Nokia Siemens Networks meluncurkan upgrade teknologi jaringan bergerak inti yang memungkinkan operator memberikan layanan Internet bergerak yang lebih cepat dan efisien.

Upgrade ini memungkinkan operator untuk mengurangi beban trafik Internet pada titik optimal dalam jaringan - biasanya dekat dengan titik peering internet - untuk meminimalkan jarak transmisi. Hal ini menghemat biaya pemprosesan transport dan trafik.

“Operator biasanya perlu memasang server yang relatif mahal untuk memproses lalu lintas data bergerak,” kata Matti Palomaki, head of Packet Core product management Nokia Siemens Networks, pada keterangannya, 30 Maret 2010.

Palomaki menyebutkan, pendekatan baru mereka memungkinkan lalu lintas internet bervolume tinggi, atau trafik spesifik operator manapun, untuk mem-bypass server pemrosesan dan paket core gateway nodes (GGSN) yang terpasang. “Dalam era pertumbuhan data yang dipengaruhi oleh pemakaian telepon pintar, offload trafik dapat memberikan penghematan yang signifikan dalam jaringan HSPA dan LTE generasi mendatang,” ucapnya.

‘Traffic offload’ dapat dipasang di seluruh Flexi Network Gateway (NG) Nokia Siemens Networks dan merupakan upgrade software sederhana terhadap Serving GPRS Support Node (SGSN).

Flexi NG dan SGSN sendiri merupakan elemen kunci dari evolved packet core (EPC) Nokia Siemens Networks. ‘Traffic offload’ dapat dipasang dalam gateway terdistribusi maupun terpusat dalam jaringan 2G, 3G atau LTE. Adapun fase pertama “traffic offload” saat ini sudah tersedia.

Arsitektur jaringan untuk traffic offload, sebut Palomaki, sangat sederhana. Karena pengurangan beban trafik terjadi dalam Flexi NG mobile gateway, maka tidak diperlukan elemen jaringan tambahan dalam jalur pensinyalan dan data.

Solusi ini mendukung mobilitas pelanggan secara optimal dan dapat mengurangi keterlambatan dalam transmisi data untuk memperbaiki pengalaman mereka yang menggunakan aplikasi-aplikasi real-time dalam jaringan layanan bergerak.

Dalam kasus di mana sebuah operator telah mendistribusikan titik peering internet, Flexi NG dapat dengan mudah dipasang sebagai gateway terdistribusi di masing-masing titik tersebut untuk mengurangi biaya jaringan transport, sementara SGSN secara cerdas memilih mobile gateway yang paling dekat ke pelanggan.


Sumber
VIVAnews

Tidak ada komentar: