Sabtu, 24 April 2010

Aplikasi Ponsel Membantu Penglihatan


Ada kabar baik bagi Anda yang memiliki kemampuan penglihatan terbatas. Kecanggihan teknologi mengubah telepon seluler tidak sekadar menjadi alat komunikasi, tetapi juga alat bantu lihat.

Misalnya aplikasi anyar berjudul Looktel. Aplikasi mobile phone ini mampu mengeluarkan notifikasi berupa suara yang terdengar oleh si pengguna ponsel. Notifikasi suara tadi mendeskripsikan objek benda yang ada di hadapan titik smartphone.

Yang menarik, handset yang menggunakan LookTel juga bisa dilatih untuk mengenali objek baru. Tinggal mengarahkan handset ke depan objek sembari Anda merekam suara Anda yang berisi deskripsi objek tersebut. LookTel akan mengidentifikasi objek lalu mengirimkan gambar objek ke LookTel's Base Station atau perpustakaan komplit kepunyaan LookTel. Setelah gambar dikenah, informasi kemudian dikirim kembali ke handset.

Aplikasi LookTel kompatibel dengan Windows Mobile Smartphone dan handset yang menggunakan layar sentuh. LookTel dirilis oleh IPPLEX/iVisit, perusahaan teknologi yang berbasis di Santa Monika, Amerika Serikat.(KONTAN/Dessy Rosalina)



Sumber
JAKARTA, KOMPAS.com

Tidak ada komentar: