Kamis, 22 April 2010

China Tutup Sebagian Layanan Internet


Sebagian besar penyedia layanan internet menutup layanan mereka selama sehari di China pada Rabu, 21 April 2010. Aksi ini dilakukan sebagai peringatan atas peristiwa gempa bumi yang terjadi pekan lalu.

Lebih dari 2.000 orang tewas dan 12.128 orang terluka dalam gempa yang mengguncang provinsi Qinghai di barat daya China. Gempa berkekuatan 7,1 pada Skala Richter

Laman PCWorld memberitakan bahwa penutupan ini memengaruhi game populer World of Warcraft, layanan unduh lagu di Google dan Baidu, dan permainan dalam jejaring sosial. Perintah ini berasal dari Dewan Negara China.

Selain aktivitas internet, pemerintah China melalui Departemen Kebudayaan juga memerintahkan agar seluruh aktivitas hiburan dihentikan selama satu hari.

Perusahaan permainan online Shanda Online, Tencent dan NetEase menayangkan notifikasi bahwa permainan yang mereka sediakan akan ditutup selama sehari. Sementara Google dan Baidu menampilkan logo hitam putih dalam layanan pencari mereka serta memasang pesan mengenai gempa itu di seksi unduh musik mereka.

Permainan dalam Kaixin001.com, jejaring sosial populer di China juga tidak dapat diakses. Youku.com, penyedia layanan berbagi video seperti YouTube, mematikan fungsi pencarian mereka dan menayangkan video mengenai gempa di halaman utama mereka. (wm)



Sumber
VIVAnews

Tidak ada komentar: