Kamis, 08 April 2010

Google Voice Uji Coba Teknologi VoiP


Perusahaan mesin pencarian terbesar dunia, Google Inc., kemungkinan mencoba menerapkan aplikasi Google Voice untuk menelepon atau menerima telepon dari luar melalui komputer pada awal pekan depan.

Pada November lalu, Google mengajak Gizmo5, penyedia layanan Voice over Internet Protocol (VoIP) pesaing Skype, membuat telepon VoiP people-to-people, sebagaimana menelepon dan menerima telepon dengan jaringan normal dan ponsel.

Gizmo5 mengisi sejumlah lubang pada produk Google Voice, menjadi bisa menyediakan layanan telepon. Penggunja Google Voice harus melengkapi telepon Google Voice dengan alat untuk mengubungi atau menerima telepon.

Google tak pernah berkomentar kemungkinan mereka menggunakan teknologi Gizmo5. Google telah mengkonfirmasi bahwa mereka kini telah membangun aplikasi komputer Google Voice untuk melakukan hubungan telepon. Bagi perspektif pengguna, aplikasi ini akan memungkinkan seseorang menelepon dari komputernya.

Kapan aplikasi ini akan diluncurkan? Google juga tak memastikan, tapi seperti dikuti dari salah satu situs, »Kemunginan segera. Awal pekan mulai diujicoba aplikasinya secara internal.”


Sumber
TEMPO Interaktif, Jakarta

Tidak ada komentar: