Selasa, 27 April 2010

Seagate Bukan Lagi Produsen Harddisk Terbesar

Western Digital (WDC) telah menjadi produsen harddisk terbesar di dunia. Predikat tersebut diraih berdasarkan laporan keuangan perusahaan untuk kuartal ketiga tahun fiskal 2010 yang berakhir 2 April lalu.

Di kuartal tersebut, Western Digital telah menjual harddisk 800 ribu unit lebih banyak dibandingkan Seagate Technologies di kuartal pertama tahun kalender 2010.

Pada Q1 2010, Western Digital menjual 51,1 juta unit harddisk, sementara Seagate Technologies hanya memasok 50,3 juta unit harddisk ke pasar. Meski tidak mengonfirmasikan, tetapi penjualan 51,1 juta unit harddisk per kuartal tampaknya merupakan rekor penjualan tertinggi Western Digital.

Meski sudah jadi produsen terbesar, keunggulan WDC atas Seagate tidaklah signifikan. Produsen harddisk tersebut masih harus menunjukkan performanya di sepanjang tahun ini. Akan tetapi, ini menjelaskan bahwa kompetisi Seagate dan Western Digital mengalami tren menarik.

Sebagai informasi, untuk mendongkrak penjualan harddisk mereka, Seagate membeli Maxtor. Hasilnya penjualan harddisk perusahaan gabungan tersebut tidak sebaik saat kedua perusahaan masih menjual harddisk sendiri-sendiri.

Di saat yang sama, Western Digital secara konsisten memperbaiki operasional mereka dan hanya melakukan perubahan strategi.

Western Digital mencatat pendapatan sebesar 2,6 miliar dolar AS dengan keuntungan bersih sebesar 400 juta dolar di kuartal ketiga yang berakhir 2 April 2010. Di periode yang sama tahun lalu, pendapatan hanya sebesar 1,6 miliar dolar AS dan keuntungan bersih sebesar 50 juta dolar AS. Ketika itu mereka hanya menjual 31,6 juta unit.

“Permintaan pasar yang lebih baik dibandingkan perkiraan memungkinkan kami meningkatkan pangsa pasar kami di pasar harddisk,” kata John Coyne, President and Chief Executive Officer Western Digital, seperti VIVAnews kutip dari XbitLabs, 26 April 2010. “Kami yakin 2010 akan menjadi tahun yang baik bagi penyimpanan digital,” ucapnya.



Sumber
VIVAnews

Tidak ada komentar: