Sabtu, 24 April 2010

Apple Incar Pabrik Prosesor ARM


Tak cukup hanya menguasai PA Semiconductor, Apple dikabarkan juga mengincar produsen prosesor lainnya. Tak tanggung-tanggung, incarannya adalah ARM, perusahaan yang berbasis di Cambridge, Inggris, yang saat ini menguasai sebagian besar platform prosesor untuk smartphone di seluruh dunia.

Spekulasi yang muncul di bursa London, Rabu (21/4/2010), itu sempat mendongkrak saham ARM dari 8,1 poin menjadi 251,1 poin seperti dilansir London Evening Standard di situsnya. Analis memperkirakan ARM mungkin dilepas di angka 400 poin atau senilai 8 miliar dollar AS jika jadi dibeli.

Kabar tersebut muncul tak lama setelah Apple mengumumkan kenaikan keuntungan hampir dua kali lipat selama kuartal terakhir dan laporan bahwa Google telah mengakuisisi Aglinux, start up business yang didirikan mantan karyawan PA Semiconductor yang dibeli oleh Apple pada 2008.

Apple dan ARM punya sejarah yang erat. Dilansir situs Apple Insider, ARM didirikan tahun 1990 oleh Apple yang bermitra dengan produsen komputer Inggris, Acorn, dan pabrik cip, VLSI Technologies. Saat itu, Apple tertarik mengadaptasi prosesor berbasis RISC untuk digunakan pada perangkatnya yang diberi nama Newton Message Pad. Namun, saat Apple tak lagi memproduksi Newton pada akhir 1990-an, CEO Apple Steve Jobs menjual sahamnya di ARM. Mulai tahun 2001, Apple kembali menggunakan kembali prosesor berbasis platform ARM saat memproduksi iPod, dan masih menggunakannya pada iPhone dan iPad.



Sumber
WASHINGTON, KOMPAS.com

Tidak ada komentar: