Sabtu, 24 April 2010

T-Mobile dan 3 UK Bangun Jaringan 3G Terbesar di Eropa

Dua perusahaan telekomunikasi besar Eropa, T-Mobile dan 3 (Three) UK bekerjasama membangun infrastruktur jaringan 3G terbesar di Eropa. Saat ini kedua perusahaan tersebut masih menyiapkan infrastrukturnya, dan proyek besar itu akan diselesaikan pada akhir 2010.

Infrastruktur tersebut rencananya akan menjadi jaringan bersama terbesar di Eropa dan akan menawarkan cakupan layanan 3G terluas bagi para pelanggan telepon Inggris. Jaringan 3G HSDPA tersebut juga menawarkan cakupan bagi lebih dari 90 persen populasi di Inggris. Pada akhir tahun ini, cakupan jaringan akan diperluas hingga lebih dari 98 persen populasi.

Mobile Broadband Network Limited (MBNL), perusahaan patungan yang dibentuk 3 UK dan T Mobile pada Desember 2007 untuk mengelola jaringan 3G bersama, telah mengkonsolidasi lebih dari 7 ribu menara dari total 12.500 lebih menara milik T-Mobile Inggris dan 3 UK yang akan disatukan pada Oktober tahun ini. Ketika selesai, program integrasi ini juga akan mematikan lebih dari 3 ribu menara yang tidak terpakai.

Untuk memperkuat kapasitas jaringan, sebuah kontrak baru senilai lebih dari £400 juta disepakati antara MBNL dengan Nokia Siemens Networks. Kontrak ini mencakup penyediaan infrastruktur jaringan radio 3G, perencanaan jaringan bergerak, implementasi, optimalisasi dan pemeliharaan.

Graham Payne, managing director MBNL mengatakan pertumbuhan trafik data telepon pintar dan laptop di Inggris sudah diluar perkiraan, dan bakal tumbuh dengan cepat. Kerjasama dengan Nokia Siemens Networks ini diharapkannya dapat menyediakan jaringan 3G tercepat dan mampu menangani lebih banyak orang yang menggunakan telepon pintarnya di Inggris, dari operator manapun.



"Sehingga dapat menghadirkan layanan yang luar biasa bagi para pelanggan T-Mobile UK dan 3 UK," ujar Graham, dalam siaran pers MBNL dan Nokia Siemens Network.

MBNL merupakan usaha patungan 50:50 yang dilakukan T-Mobile UK dan 3 UK untuk menggabungkan infrastruktur jaringan 3G mereka. Tujuannya untuk dapat menciptakan jaringan 3G terbaik di Inggris yang lebih cepat serta efisien dari yang bisa dilakukan masing-masing perusahaan tersebut.

Jaringan bersama ini akan membutuhkan jumlah menara yang lebih sedikit, mengkonsumsi energi yang lebih rendah, namun dapat memberikan layanan broadband bergerak yang lebih baik bagi para pelanggan.


Sumber
TEMPO Interaktif, Jakarta

Tidak ada komentar: