Jumat, 09 April 2010

Gangguan Tidur Picu Anak Pakai Narkoba

Memiliki pola tidur yang buruk di masa kecil dapat memicu anak menjadi pengguna narkoba dan gemar mengonsumsi alkohol di masa remajanya.

Sebuah penelitian menemukan, anak-anak yang mengalami kesulitan tidur antara usia 3-11 tahun, akan lebih mungkin memakai narkoba usia remaja. Penelitian ini dihubungkan pada pengguna narkoba remaja, yang pada umumnya berusia 18 dan 21 tahun. Hasilnya, 386 remaja pengguna narkoba mengalami gangguan tidur di masa kecilnya.

Maria Wong, profesor psikologi di Idaho State University, AS mengatakan, "Rasa lelah berlebihan memicu para remaja ini mudah terbujuk pengaruh negatif. Pada remaja laki-laki, biasanya mudah terpengaruh ajakan merokok dan memakai narkoba. Sedangkan pada remaja perempuan, lebih mudah terbujuk mengonsumsi minuman beralkohol."

Parahnya, menurut Wong, jika kondisi ini tidak segera ditangani secara tepat, biasanya remaja-remaja ini akan terus dekat dengan narkoba dan alkohol sepanjang hidupnya.

Tim Roehrs, direktur penelitian Gangguan Tidur dan Research Center di Detroit, mengatakan studi ini menunjukkan anak-anak lebih mungkin menderita masalah tidur ketimbang orang dewasa. "Intinya, tidur berkualitas adalah penting. Jadi, jika anak Anda mengalami masalah ini, sebaiknya jangan disepelekan dan segera dicari solusinya."

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal 'Alcoholism: Clinical & Experimental Research'.


Sumber
VIVAnews

Tidak ada komentar: