Kamis, 22 April 2010

Telkom Andalkan Retensi Meningkatkan ARPU


Program retensi berupa pemberian undian hadiah bagi pelanggan telepon tetap (fixed line) PT Telkom dinilai mampu meningkatkan pendapatan dari penggunaan layanan per pelanggan (average revenue per user/ARPU) hingga delapan persen.

"ARPU fixed line saat ini sekitar Rp105 ribu-Rp110 ribu per bulan, dan diperkirakan meningkat menjadi Rp115 ribu hingga akhir tahun," kata Direktur Konsumer Telkom I Nyoman G. Wiryanata usai pengumuman pemenang "Telkom Poin Rejeki Tumpah" (TPRT), di Jakarta, Rabu.

Menurut Nyoman, program retensi ini efektif meningkatkan penggunaan layanan telepon tetap.

Program TPRT ditujukan bagi pelanggan layanan Telkom, yaitu pelanggan telepon rumah, layanan Flexi Home, internet Speedy, YesTv (TV berbayar).

Ia menjelaskan bahwa minat pelanggan Telkom mengikuti program TPRT terus bertambah. "Tidak hanya di kota besar, tetapi juga pelanggan di daerah," katanya.

Program ini diikuti 85 persen dari sebanyak 7,3 juta pelanggan fixed line, dari total pelanggan fixed line 8,3 juta satuan sambungan.

Kemudahan yang akan diperoleh pelanggan dari program ini adalah menukarkan poin yang dimiliki pelanggan dengan hadiah langsung sesuai jumlah poin tertentu, atau berupa undian berhadiah yang diumumkan setiap tiga bulan dan enam bulan.

"Kami juga menyediakan hadiah utama berupa mobil mewah, laptop, televisi, dan pesawat telepon pada setiap akhir periode undian pada akhir tahun," kata Nyoman.

Adapun hadiah langsung yang disediakan voucher belanja, wisata, dan barang-barang rumah tangga.

"Telkom tertantang mempertahankan jasa telepon tetap kabel di tengah tren penurunan layanan ini dari waktu ke waktu," ujarnya.

Ia menegaskan, "Kami berusaha agar kurva layanan ini tidak terus turun. Paling tidak kami dapat mempertahankan jumlah pelanggan pada angka yang sama setiap tahun."

Tellkomsel Kartini

Sementara itu, operator seluler PT Telkomsel dalam rangka memperingati Hari Kartini meluncurkan program "Dunia Wanita Telkomsel".

"Layanan ini merupakan kado istimewa bagi para wanita Indonesia," kata VP Digital Music & Content Management Telkomsel, Krishnawan Pribadi.

Anak perusahaan Telkom ini menyediakan ragam layanan khas seputar dunia wanita, seperti tren life style miss Jinjing, tips cantik dan sehat dr. Sonia Wibisono, tips keluarga dan anak bersama Kak Seto, resep masakan ala Farah Quinn.

"Semua layanan ini dapat diakses melalui Dunia Wanita *468#, dan akan terhubung dengan menu dan tips seputar dunia wanita," kata Khrisnawan.

Ia menuturkan bahwa menu meliputi gaya hidup, seputar dunia belanja, fashion, traveling, ramalan bintang.

Info dan tips seks dari dr. Boyke, dan pengobatan herbal ala dr. Hembing. Rumah dan Keluarga, karier dan keuangan, dan zona cewek.

"Telkomsel telah dipercaya lebih dari 45 juta pelanggan dari kalangan wanita atau 55 persen dari total pelanggan Telkomsel yang mencapai sekitar 85 juta nomor," Khrisnawan.



Sumber
Jakarta (ANTARA)

Tidak ada komentar: