Rabu, 27 Oktober 2010

Android Market Capai 100 Ribu Aplikasi

Jakarta - Hanya dalam tempo hampir dua tahun, Android Market mencatatkan pencapaian terbaiknya saat ini, yaitu 100 ribu aplikasi yang mejeng di toko aplikasi itu. Dengan begitu, hawa persaingan makin panas lantaran Android terus membayangi Apple App Store.

Pencapaian 100 ribu aplikasi itu diumumkan Google dalam @AndroidDev, laman Twitter untuk para pengembangnya hari ini.

Dengan pencapaian ini, Android Market membuntuti App Store di posisi kedua. App Store sendiri sudah meraih lebih 300 ribu aplikasi, sebagaimana diumumkan CEO Apple, Steve Jobs pada pekan lalu.

Memang, bila dibandingkan gerakan para pengembang Apple lebih cepat ketimbang Android. App Store hanya membutuhkan waktu 16 bulan untuk mencapai angka 100 ribu. Sedangkan Google membutuhkan waktu 20 bulan lebih.

Di sisi lain, ada berbagai kendala yang menghadang para pengembang aplikasi di Android. Pertama, soal skema pembelian. Para pengguna harus menggunakan Google Checkout yang belum sepopuler PayPal. Kedua, beragamnya ponsel yang memakai Android.

Apple menghadirkan platform yang seragam untuk iPhone, iPod, atau iPad. Alhasil, sekali bekerja, para pengembang bisa merengkuh tiga media. Tak demikian halnya dengan Android. Kesesuaian aplikasi di pasar daring itu tergantung pada jenis ponselnya.

Selain itu, label gratis juga membuat para pengembang kurang tertarik. Lebih buruk lagi, toko daring ini hanya menyediakan aplikasi berbayar untuk 32 negara. Bandingkan dengan Apple yang mencapai 90 negara.

Namun, bukan tak ada segi positifnya. Di Android Market, pengembang memiliki kebebasan yang lebih besar dibanding Apple yang menerapkan proses panjang dan berbelit. Alhasil, waktu yang dibutuhkan seorang pengembang sampai menghadirkan aplikasinya di toko lebih panjang. Di sisi lain, orang lebih gampang mencari aplikasi di antara 100 ribu daripada 300 ribu, yang seperti mencari jarum di tumpukan jerami.

DEDDY SINAGA | CNET | PCWORLD


Sumebr
TEMPO Interaktif

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

1 komentar:

Android Market mengatakan...

Aku sendiri masih melihat hal ini sebagai hype kedepannya adalah masa pembuktian benefit Android Market dari sisi bisnis maupun profesinya