Kamis, 21 Oktober 2010

Nih, Bocoran Android 3.0 Aka Gingerbread

JAKARTA, Android 3.0 alias Gingerbread sudah menjadi bahan perbincangan di internet saat Google merilis Android 2.2 aka Froyo pertengahan tahun ini. Kabar terakhir, versi terbaru platform open source untuk smartphone ini akan dirilis dalam beberapa minggu ke depan sebelum akhir tahun ini.

Gingerbread disebut-sebut mengusung fitur-fitur baru untuk mendukung layanan lebih kaya di smartphone. Bahkan, bisa jadi versi pertama platform Android yang mendukung penuh karakteristik komputer tablet selain smartphone.

Desas-desus mengenai Android 3.0 sudah berkali-kali beredar. Namun, bocoran informasi pertama yang diklaim dari sumber valid dirilis situs teknologi Phandroid. Informasi ini mungkin memberi sedikit gambaran mengenai platform tersebut. Benar atau tidak bakal terbukti saat Gingerbread diluncurkan nantinya.

Menurut laporan tersebut yang mengutip sumber dalam, Android 3.0 akan mendukung video chat lewat kamera depan. Fitur ini akan menyaingi Facetime di iPhone 4 dan layanan web conference yang makin menjadi kebutuhan di masa depan.

Android 3.0 kemungkinan menggunakan tampilan lebih menarik mengingat mantan kepala desain webOS Palm, Martias Duarte, bergabung ke tim pengembang Android di Google sejak Mei lalu. Bahkan, kemungkinan Google akan melarang user interface yang dirancang sendiri oleh vendor handset seperti Sense UI buatan HTC, Raphael buatan Sony Ericsson, dan Motoblur dari Motorola.

Selain itu, Google kemungkinan akan mengintegrasikan berbagai layanannya dalam aplikasi terpisah sehingga pengguna lebih merasakan manfaatnya keitmbang sebagai fitur bawaan. Aplikasi yang terpisah juga mengurangi ketergantungan operator untuk selalu memberikan update kepada pengguna.

Seperti Android 2.2, Gingerbread akan menggunakan compiler Dalvik JIT untuk menghasilkan kinerja prosesor yang kencang. Namun, Gingerbread mungkin bakal boros sumber daya dengan kebutuhan spesifikasi hardware minimum prosesor 1 GHz, memori RAM 512 MB, dan layar 3,5 inci.



Sumber
KOMPAS.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: