Minggu, 31 Oktober 2010

Mengamankan Data dengan eGo

Jakarta - Sebuah hard disk portabel tiba-tiba "terlempar" dari tangan Rajeev Mukul, dan... buk!, benda seukuran saku itu terjatuh di lantai. Meski terjatuh, tidak ada yang berubah pada hard disk berwarna hitam itu. Data-data di dalamnya pun tak ada yang rusak.

Hal ini terjadi di acara peluncuran produk terbaru hard disk Iomega, Kamis lalu. Adegan melayangnya hard disk itu sebenarnya disengaja oleh Rajeev, wakil presiden produk storage untuk konsumen dan small business Iomega Asia-Pasifik dan Jepang.

Bukan tanpa alasan Rajeev melakukannya. Hard drive portabel Iomega eGo BlackBelt Mac Edition yang dilemparnya itu memang tahan terhadap benturan. eGo BlackBelt dilengkapi Iomega Drop Guard Xtreme, dengan power grip band yang akan melindungi drive ini ketika jatuh, maksimal dari ketinggian 7 meter.

Produk anyar ini juga dilengkapi sabuk karet yang meredam guncangan saat terjatuh atau terlempar. "Data-data Anda yang tersimpan di dalamnya tetap aman," ujarnya dalam acara peluncuran di Resto The Apartment, kawasan Kuningan, Jakarta.

Selain meluncurkan eGo BlackBelt, Iomega meluncurkan sejumlah produk generasi terbaru dari Iomega eGo, seri hard disk portabel dan desktop single drive andalannya. Mereka antara lain drive eGo model SuperSpeed USB 3.0 dan eGo edisi FireWire 800 Mac dengan kapasitas hingga 2 terabita (TB). Semua produk dipaket dengan Iomega Protection Suite, software perlindungan data yang juga produk vendor ini.

Iomega eGo seri hard drive portabel telah beberapa kali meraih penghargaan. Kali ini seri itu diluncurkan dalam dua versi baru yang menggunakan konektor USB. Versi pertama adalah hard drive portabel SuperSpeed USB 3.0 dengan kapasitas 500 gigabita (GB). Adapun versi kedua adalah eGo Compact Edition USB 2.0, yang hadir dengan tiga pilihan kapasitas, yakni 320 GB, 500 GB, dan 1 TB.

Menurut Rajeev, produk ini dirancang dengan ukuran saku agar pas disisipkan ke dalam kantong atau tas laptop. "Sehingga mudah dibawa-bawa," katanya. Ada lagi yang menarik. Dua seri eGo model USB ini tidak memerlukan konektor daya tambahan.

Iomega eGo SuperSpeed USB 3.0, yang hadir dengan warna charcoal gray, memiliki kecepatan transfer data 10 kali lebih cepat dari model USB 2.0. "Ini memungkinkan konsumen menyimpan foto, musik, video, dan arsip lain dengan waktu lebih cepat." eGo dengan USB 3.0 juga kompatibel dengan standar USB 3 pada komputer Windows.

Meski jenis USB 3.0, perangkat ini tetap dapat bekerja dengan kecepatan USB 2.0. Namun, agar para pengguna komputer dengan USB 2.0 bisa bekerja optimal, Iomega menawarkan kartu adapter USB 3.0 yang dijual terpisah. Mereka bisa menikmati kecepatan transfer USB 3.0 hingga 5 gigabit per detik (GBps).

Sedangkan Iomega USB 2.0 edisi kompak memiliki desain lebih ramping dibanding eGo portabel generasi sebelumnya. Seri ini pun diklaim sebagai HDD portabel 2,5 inci terkecil di pasar saat ini. Iomega eGo USB 2.0 hadir dengan beberapa pilihan warna, seperti merah rubi, biru langit, dan perak.

Hard drive portabel Iomega eGo BlackBelt Mac Edition yang tahan banting itu juga memiliki desain ramping. Kendati ramping, kapasitasnya sampai 1 TB. Perangkat ini memiliki fitur dual FireWire 800 Port dan satu port USB 2.0.

Sebagai gambaran, Iomega eGo berkapasitas 1 terabita sudah dapat menampung hingga 400 ribu foto, lebih dari 250 ribu lagu, atau video berdurasi 385 jam. Selain fitur Drop Guard, semua seri eGo portabel ini telah dilengkapi perlindungan standar Drop Guard, yang akan melindungi drive saat jatuh sampai ketinggian maksimal 51 inci.

Iomega eGo untuk seri desktop hard drive juga hadir dalam dua versi terbaru, yakni Iomega eGo USB 3.0 dan Iomega eGo Mac Edition. Desktop hard drive dengan USB 3.0 juga memiliki kecepatan transfer file yang lebih baik dari sebelumnya.

Adapun Iomega Mac Edition merupakan HDD 3,5 inci dengan desain ramping berwarna perak. Alat ini disertai port FireWire 800, satu port USB 2.0, serta tiga kabel, yakni kabel USB 2.0, kabel FireWire 800, dan konversi kabel FireWire 400 ke 800. Edisi Mac teranyar ini hadir dalam kapasitas 1 dan 2 TB. Dengan drive berkapasitas 2 terabita, pengguna bisa menyimpan 800 ribu foto, lebih dari 500 ribu lagu, atau 770 jam video.

Iomega merupakan anak perusahaan EMC, vendor solusi dan perangkat penyimpanan data kelas enterprise. Sebelum diakuisisi EMC pada 2008, Iomega sudah berdiri sebagai perusahaan perangkat penyimpanan data. "Kini Iomega menjadi bagian dari EMC yang mengisi segmen perangkat penyimpanan untuk individual, sektor SMB (small medium business) maupun SOHO (small office home office)," kata Adi J. Rusli, Country Manager EMC Indonesia.

Semua produk itu sudah tersedia. Untuk seri hard drive portabel, eGo SuperSpeed USB 3.0 kapasitas 500 GB dibanderol US$ 114 serta eGo USB 2.0 Compact Edition masing-masing dibanderol US$ 83 (320 GB), US$ 107 (500 GB), US$ 213 (1 TB) dan US$ 225 untuk kapasitas 2 TB. Sedangkan untuk seri desktop hard drive, eGo Mac Edition dihargai US$ 154 (1 TB) dan US$ 247 untuk kapasitas 2 TB. Terakhir, hard drive portabel tahan banting, eGo BlackBelt, dipatok seharga US$ 219.

DIMAS


Sumber
TEMPO Interaktif

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: