Senin, 25 Oktober 2010

Mac Dihantui Ribuan Virus

Jakarta - Baru saja bos Apple, Steve Jobs merilis laptop tertipis di dunia, MacBook Air Rabu pekan lalu. Sayangnya, komputer jinjing ini dihatui virus mematikan.

Perusahaan keamanan Panda Security mengatakan komputer Mac dihantui sedikitnya 5.000 'strain' malware. Hingga kini, perusahaan security teknologi informasi itu baru bisa mendeteksi 500 sampel virus yang 'nongol' setiap bulannya.

Tahun lalu, Panda Security mendeteksi 34 kerentanan pada sistem operasi Apple OS X yang meningkat menjadi 175 ancaman di tahun ini. Adapun total virus yang membayang-bayangi selueh sistem operasi yang ada di setiap laptop, menurut Panda, mencapai 170 ribu jenis.

Serangan virus tersebut, kata Panda, biasanya semakin rentan terjadi apabila perangkat tersebut telah di-jailbreak alias dioprek pemiliknya.

Meskipun demikian, serangan pada platform Apple OS X ini lebih sedikit bila dibandingkan dengan serangan virus pada platform Microsoft Windows. Panda memperkirakan satu dari 100 laptop yang berjalan dengan platform tersebut telah terkena virus.

Menurut Vice President Panda Security, Ivan Fermon, kewaspadaan atas ancaman virus tersebut harus disampaikan kepada para pengguna Mac. Pasalnya, laptop buatan Apple ini menguasai 15 persen pasar komputer jinjing di seluruh dunia.

PC World|Rini K



Sumber
TEMPO Interaktif

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: