Kamis, 21 Oktober 2010

CEO Apple Juga Mengejek Tablet 7 Inci

SAN FRANCISCO, Selain menyerang Android dan BlackBerry sebagai platform smartphone yang tidak akan mampu bersaing dengan iPhone OS, CEO Apple Steve Jobs juga menyinggung persaingan tablet. Ia menegaskan soal ukuran iPad yang akan bertahan di ukuran sekitar 10 inci dan mengejek tablet 7 inci.

Menurutnya, ukuran iPad saat ini merupakan ukuran minimal yang cocok untuk sebuah tablet. Jobs menolak anggapan bahwa ukuran tablet 7 inci sebagai ukuran tablet yang paling pas buat konsumen seperti digembar-gemborkan. Anggapan tersebut disebut Jobs sebagai racun yang sengaja disebar di pasaran.

"Apple telah melakukan pengujian user interface secara menyeluruh selama bertahun-tahun, dan kami sungguh paham soal ini. Ada batasan fisik agar Anda dapat menyusun komponen-komponen di layar sentuh sehingga pengguna dapat melakukan ketukan jari, kibasan, dan cubitan di layar dengan nyaman," kata Steve Jobs saat acara pengumuman laporan fiskal Apple, Senin (18/10/2010).

Menurut Jobs, 10 inci merupakan ukuran layar minimal untuk menyajikan aplikasi yang baik di perangkat tablet. Layar berukuran 7 inci terlalu kecil. Ia mengatakan, luas layar 7 inci hanya 45 persen layar 10 inci karena ukuran dihitung secara diagonal.

Jobs meyakini, setiap pengguna tablet juga pengguna smartphone. Jadi, strategi mengintegrasikan smartphone dengan tablet salah. Memang, tablet ukuran kecil dapat disimpan di saku, tetapi tidak akan nyaman saat pengguna bergerak aktif. "Tablet 7 inci serba bingung, terlalu besar untuk bersaing dengan smartphone dan terlalu kecil untuk bersaing dengan iPad," ungkap Jobs.

Alasan lain yang dikritik Apple terhadap tablet pesaingnya adalah kenekatan mereka dalam menggunakan Android. Ia mengatakan, bagaimana mungkin vendor perangkat keras memproduksi tablet dengan Android Froyo yang oleh Google sendiri tidak direkomendasikan untuk tablet sampai keluar versi berikutnya.

Jobs juga yakin, tablet-tablet pesaingnya akan kesulitan bersaing dalam harga meski ukurannya lebih kecil dan isi lebih sederhana. Hal ini karena Apple memproduksi chip sendiri, membuat perangkat lunak sendiri, ramuan baterai sendiri, dan komponen terkait lainnya untuk menghasilkan harga yang bersaing.

"Itulah beberapa alasan yang kami kira bahwa rangkaian tablet 7 inci akan mati sebelum berkembang," ujar Jobs. Ia berani bertaruh, vendor perangkat keras akan sadar dengan kesalahannya dan akan menaikkan ukuran layar perangkat tabletnya tahun depan.



Sumber
KOMPAS.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: