Jumat, 05 November 2010

Blekko, Mesin Pencari Pesaing Google

San Francisco - Pesaing di dunia mesin pencari kini bertambah satu. Google masih menjadi 'raja'nya dengan menguasai 65 persen di ranah situs pencarian, diikuti dengan Yahoo search, Bing dari Microsoft dan satu lagi Blekko.

Meskipun menjadi pendatang baru di belantara mesin pencari, Blekko yang bermarkas di Silicon Valley, California ini optimistis bisa bersaing dengan sejumlah perusahaan raksasa search engine dengan keunikan tersendiri.

Menurut Rich Skrenta, pendiri sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Blekko, daring pencari ini akan menampilkan hasil yang lebih bersih dari spam dan website yang dijamin aman untuk dikunjungi. "Kami akan menyajikan sumber-sumber informasi terbaik bagi pengguna," katanya.

Setelah 2,5 tahun dalam tahap percobaan versi beta, kini Blekko dapat digunakan para pengguna mesin pencari dengan mengunjungi alamat blekko.com. Untuk membangun sistem pencarian itu, Blekko telah menguras dana hingga US$ 24 juta dari berbagai investor, diantaranya Marc Andreessen, seorang pencipta browser web pertama, dan Ron Conway, yang telah berinvestasi di berbagai perusahaan teknologi termasuk Twitter, Foursquare, bahkan google.

Situs Blekko memiliki beberapa direktori khusus, yakni kesehatan, resep, lirik lagu, hotel, mobil, perguruan tinggi, dan keuangan. Di situs tersebut, pengguna juga dapat membuat direktori pribadi mereka untuk topik apapun.

Dalam pernyataannya, Google Inc. mengatakan menyambut kompetisi di ranah mesin pencari dengan layanan yang sudah ada maupun pendatang baru. "Memiliki pesaing akan membuat kami bekerja lebih keras," kata Google.

Reuters|Rini K

Sumber
TEMPO Interaktif


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: