Senin, 29 November 2010

Solusi Manajemen SDM Buatan Dalam Negeri


JAKARTA — Perusahaan yang ingin meningkatkan efektivitas kinerja perusahaan, terutama bagi departemen SDM, kini tidak harus tergantung pada solusi buatan asing. Pengembang software lokal perangkat lunak lokal, PT Andal Software Sejahtera atau lebih dikenal dengan Andal Software telah mengembangkan solusi tersebut.

Namanya Andal PayMaster 2011 yang merupakan aplikasi HR admin, payroll, PPh 21, dan attendance yang terintegrasi. Dengan hanya satu tampilan layar pada komponen gaji, penggunanya dapat mendefinisikan hampir semua komponen gaji yang ada di perusahaan.

Selain itu, perangkat lunak ini dilengkapi juga dengan ekspor data untuk transfer bank dan e-SPT. Ada pula fasilitas Pivot Table yang dapat digunakan untuk menganalisis data kehadiran, data gaji, dan jumlah karyawan sesuai dengan kebutuhan. Pivot Table juga dapat menampilkan perhitungan lembur dengan breakdown per index overtime beserta perkaliannya sehingga pengguna dapat dengan mudah mencocokkan hasil perhitungan lembur.

Dalam hal keamanan, data gaji pada Andal PayMaster 2011 dienkripsi sehingga tidak semua orang dapat melihat data gaji, serta pembatasan akses, baik ke menu maupun data. Biasanya yang menghitung gaji untuk tingkat manajer ke atas dibedakan dengan yang menghitung gaji untuk tingkat supervisor ke bawah. Andal PayMaster 2011 dapat membatasi akses terhadap data tersebut.

Selain berbagai keunggulan di atas, Andal PayMaster 2011 juga membuka wacana baru dalam menghitung payroll di perusahaan, di mana produk ini ditawarkan melalui layanan cloud computing dengan sistem sewa. Layanan berbasis cloud tersebut meliputi penyediaan fasilitas data center dan isinya, internet/VPN Bandwidth, DR/BC, OS, aplikasi, sumber daya pendukung yang terintegrasi, dan didukung oleh sistem keamanan data. Untuk layanan ini, Andal bekerja sama dengan GreenView sebagai penyedia layanan berbasis cloud computing.

"Dengan aplikasi yang berbasis cloud computing ini, diharapkan perusahaan-perusahaan dengan jumlah karyawan di bawah 150 orang dapat menggunakan aplikasi payroll ini," kata Indra Sosrodjojo, Direktur PT Andal Software Sejahtera, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (24/11/2010).

Andal PayMaster 2011 didistribusikan secara resmi oleh PT Bhinneka Mentari Dimensi (Bhinneka.com). Selain Andal PayMaster 2011, Andal juga memiliki produk unggulan lainnya, yaitu Andal Kharisma 2011, aplikasi untuk HR, payroll, PPh 21 dan attendance, serta Andal Time Tracker 2011, aplikasi untuk attendance beserta cuti, shift, lembur beserta dengan SPL.


Sumber
KOMPAS.com

Tidak ada komentar: