Sabtu, 20 November 2010

Laba Dell Naik meski Penjualan di Bawah Estimasi


SAN FRANCISCO - Dell Inc. melaporkan kinerja yang berhasil melampaui prediksi analis di kuartal III. Berdasarkan keterangan manajemen Dell, tingkat laba di luar beberapa item adalah 45 sen per saham. Sementara, analis memprediksi tingkat laba mencapai 32 sen.

Kendati begitu, tingkat penjualan Dell berada di bawah prediksi analis. Asal tahu saja, tingkat penjualan Dell naik 19 persen menjadi 15,4 miliar dollar AS. Sementara, tingkat rata-rata penjualan Dell berdasarkan prediksi analis adalah 15,7 miliar dollar AS.

Laba Dell terdongkrak akibat murahnya harga komponen dan penghematan yang dilakukan perusahaan. Alhasil, kondisi itu membantu menyeimbangkan adanya perlambatan permintaan konsumen yang belakangan tengah cemas akan tingkat pengangguran dan lambatnya pemulihan ekonomi.

Selain itu, Dell di bawah pimpinan CEO Michael Dell, juga melakukan beberapa strategi seperti mengurangi ketergantungan perusahaan atas penjualan PC dengan melakukan riset dan pengembangan produk. Dell juga melakukan serangkaian akuisisi untuk membangun server, data storage, networking gear, dan divisi layanan teknologi.

"Yang mengejutkan bukanlah penurunan penjualan, melainkan adanya kenaikan laba," jelas Brian Marshall, analis Gelacher & Co di San Francisco.(Kontan/Barratut Taqiyyah)


Sumber
KOMPAS.com

Tidak ada komentar: