Sabtu, 27 November 2010

"Kompas" Raih Tiga Penghargaan Internasional


SINGAPURA — Harian Kompas berhasil meraih tiga penghargaan internasional dalam ajang Asian Digital Media Awards atau ADMA yang digelar oleh asosiasi surat kabar dunia, WAN-IFRA. Pengumuman pemenang dilakukan dalam konferensi tahunan Digital Media Asia 2010 di Singapura, Rabu (24/11/2010) malam.

"Kompas hattrick silver awards (Kompas raih tiga medali perak-red)," kata Edi Taslim, Wakil Direktur Bisnis Kompas, yang hadir dalam malam penganugerahan tersebut, dalam akun Twitter miliknya. Ketiga penghargaan untuk kategori "Best in User Generated Content", "Best in Cross Media Editorial Coverage", dan "Best eReader-Tablet". Untuk kategori "Best in Digital Content-User Generated Content", blog sosial Kompasiana berhasil menjadi pemenang. Peringkat pertama diraih oleh Oknation.net, peringkat kedua oleh Kompasiana.com, dan peringkat ketiga oleh Stomp. Penghargaan ini merupakan hadiah ulang tahun bagi Kompasiana yang akan berusia dua tahun pada 27 November 2010 nanti. Meski masih muda, Kompasiana sudah berhasil menembus peringkat 80-an situs terpopuler di Indonesia versi Alexa dan memiliki anggota 40.000 orang.

Kategori "Best in Digital Content-Cross Media Editorial Coverage", Kompas berhasil unggul dengan liputan Kompas Jelajah Musi. Peringkat pertama yaitu "Dong A Ilbo", kedua yaitu "Kompas Jelajah Musi", dan ketiga yaitu "Omy.sg". "Jelajah Musi" merupakan liputan ekspedisi Harian Kompas menjelahi Sungai Musi di Sumatera Selatan yang ditampilkan dalam format multiplatform dalam bentuk print (cetak) di Harian Kompas, internet (Kompas.com), dan video. Laporan ekspedisi Sungai Musi ini juga sudah diterbitkan dalam bentuk buku. Ekspedisi merupakan salah satu kekuatan Kompas untuk liputan mendalam.

Kompas juga meraih penghargaan kedua pada kategori Best in eReader-Tablet. Pada kategori ini peringkat pertama diraih oleh NDTV dari India, kedua oleh Kompas dari Indonesia, dan ketiga dari Selandia Baru. Kompas menang eReader-Tablet untuk aplikasi Kompas Editors' Choice di iPad. Selain iPad, dari eReader-Tablet, konten Kompas juga hadir dalam bentuk e-paper dan Kompas Reader di tablet berbasis Android.

Selain Kompas, dua media lain dari Indonesia juga mendapatkan penghargaan ADMA. Masing-masing situs web Majalah Gadis sebagai peringkat kedua "Best in Online Media-Magazine Website" dan Tempo sebagai peringkat kedua untuk "Best in Digital Content-Online Infographics".

Menurut situs resmi WAN-IFRA, penghargaan ini bertujuan untuk menghargai contoh terbaik bagaimana media memanfaatkan teknologi baru, mengembangkan pemikiran inovatif, dan kreativitas dalam media digital di wilayah Asia. ADMA diberikan di konferensi tahunan WAN-IFRA yang digelar di Singapura, 24-26 November 2010.



Sumber
KOMPAS.com

Tidak ada komentar: