Sabtu, 27 November 2010

iPad, Hadiah Natal Paling Ditunggu Anak-anak


WASHINGTON — Mendekati Black Friday atau masa promo besar-besaran menjelang liburan Natal di AS bagi sebuah produk, anak-anak paling banyak mengincar iPad. Hal tersebut mencuat melalui survei yang dibikin oleh Nielsen terhadap anak-anak berusia 6-12 tahun pada awal pekan ini.

Dari gadget yang ada di pasaran, 31 persen anak-anak AS yang disurvei Nielsen menginginkan iPad dan menyusul iPod Touch. Hanya 11 persen dari anak-anak itu yang menginginkan e-reader dan hanya 12 persen yang menginginkan Microsoft Xbox 360. Bandingkan dengan Nintendo yang diimpikan oleh 25 persen anak-anak atau Sony PlayStation 3 yang diinginkan oleh 21 persen anak-anak.

Studi yang dilakukan Nielsen ini dilakukan pada bulan Oktober 2010 lalu dan memberikan pilihan sebanyak 17 jenis peranti elektronik yang cukup populer saat ini, termasuk TV, konsol game, dan beragam jenis smartphone.

Sementara itu, mereka yang berusia 13 tahun ke atas punya incaran lain. Sebanyak 20 persen menginginkan komputer, 19 persen menginginkan televisi atau smartphone, dan 18 persen menginginkan iPad. Produk yang peminatnya paling sedikit adalah PlayStation Portable, yaitu hanya diminati oleh 5 persen konsumen.

Black Friday merupakan tradisi AS, yaitu hari Jumat setelah perayaan Thanksgiving. Pada saat Black Friday, banyak toko ritel buka lebih awal dari biasanya, yaitu pukul 05.00 pagi atau lebih awal lagi, dan memberikan potongan harga lebih besar dari hari biasa. Black Friday juga menandai awal musim belanja untuk perayaan Natal. Saat itu, toko-toko selalu padat sejak buka hingga tutup.

Istilah Black Friday ini dimunculkan pertama kali oleh Philadelphia Police Department di tahun 1966 untuk menggambarkan riuhnya jalanan dan padatnya kendaraan yang jamak terjadi setelah perayaan Thanksgiving. Istilah ini kemudian menyebar di luar Philadelphia sekitar tahun 1975. Dalam perkembangannya, istilah Black Friday mengindikasikan periode ketika peritel mulai mengeduk keuntungan. (Kontan/Femi Adi Soempeno)

Keinginan anak-anak AS berdasarkan survei Nielsen iPad 31% Komputer 29% iPod Touch 29% Nintendo DS/DSi/DS Lite 25% Sony PlayStation III 21% Smartphone 21% Mobile phone lainnya 21% iPhone 20% TV 20% Nintendo 3DS 20% Nintendo Wii 18% PlayStation Move 17% Blu-Ray Player 16% Kindect for Xbox 360 14% PlayStation Portable 14% Microsoft Xbox 360 12% E-reader 11%



Sumber
KOMPAS.com

Tidak ada komentar: