Senin, 29 November 2010

Transfer Uang dan Belanja Pakai Ponsel


JAKARTA - Transaksi keuangan lewat ponsel makin banyak alternatifnya. Selain memberikan pengalaman baru, layanan seperti ini menawarkan kepraktisan karena pengguna tidak harus membawa uang tunai untuk berbagai kebutuhan.

Salah satu layanan semacam itu adalah Dompetku yang disediakan Indosat bagi para pelanggannya. Kali ini, layanan Dompetku dari Indosat pun sudah dapat dipakai untuk saling berkirim uang, tidak hanya untuk transaksi pembayaran saja. Ada dua fitur utama Dompetku, yakni "dompet kirim uang" dan "dompet belanja".

Fitur "dompet kirim uang", memungkinkan pelanggan untuk melakukan pengiriman uang tunai ke sesama pelanggan Indosat yang telah terdaftar sebagai pelanggan dompetku, sedangkan "dompet belanja" memungkinkan pelanggan untuk melakukan berbagai transaksi belanja di merchant, pembayaran tagihan, pembelian pulsa airtime dan transfer saldo dompet belanja antar pelanggan dompetku Indosat yang telah terdaftar.

"Dengan fitur baru dompetku yaitu dompet kirim uang dan dompet belanja, pelanggan Indosat dapat melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mudah, aman, dan efisien, langsung dari handphone pelanggan," ujar Laszlo Barta, Director and Chief Commercial Officer Indosat, di Jakarta, Kamis (25/11/2010). Layanan ini bisa dimanfaatkan pelanggan Mentari, IM3, dan Matrix.

Namun, untuk menggunakan layanan Dompetku, pelanggan harus harus memiliki account yang telah didaftarkan. Account yang dimaksud adalah nomor handphone, yaitu nomor pelanggan Indosat yang aktif. Caranya cukup mudah, pengirim cukup mendatangi Galeri Indosat dengan membawa uang tunai, mengisi formulir pengiriman uang dan identitas diri. Layanan ini baru di 4 kota yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang.

Kemudian, pelanggan penerima akan mendapatkan notifikasi SMS perihal telah dilakukan pengiriman uang tunai. Penerima dapat langsung menarik uang di Galeri Indosat dengan mengisi formulir penarikan uang, menyerahkan kartu identitas diri, membalas konfirmasi sms mengenai penarikan uang dan penerima dapat langsung menerima uang tunai sejumlah pengiriman.

Sementara, dengan dompet belanja, pelanggan dompetku Indosat dapat melakukan pembayaran belanja di Alfamart, cukup dengan menggunakan token (kode pembayaran untuk pembelanjaan di merchant) dan pelanggan dapat dengan mudah melakukan transaksi pembelian. Saat ini pembelian dapat dilakukan pada Alfamart 24 jam yang tersebar di area Jabotabek, Surabaya dan Bandung.

Pelanggan juga bisa melakukan berbagai transaksi belanja di merchant, pembayaran tagihan, pembelian pulsa airtime GSM Indosat dan Non Indosat serta transfer saldo dompet belanja ke sesama pelanggan dompet belanja lainnya. Bedanya dengan dompet kirim uang, saldo dompet belanja hanya dapat digunakan untuk melakukan transaksi diatas dan tidak dapat diuangkan.



Sumber
KOMPAS.com

Tidak ada komentar: