Selasa, 16 November 2010

Dilelang, Komputer Pertama Buatan Apple

LONDON — Balai Lelang Christie, London, Inggris, akan melelang sebuah komputer jadul pada 23 November mendatang. Komputer ini diperkirakan bakal meraih angka penjualan antara 100.000 dan 150.000 poundsterling atau sekitar Rp 2 miliar. Kok bisa?

Barang yang dilelang memang langka dan punya nilai sejarah, yakni komputer Apple I, model komputer pertama rakitan tangan dua pendiri Apple, Steve Wozniak dan Steve Jobs. Komputer yang dilelang itu berupa sebuah motherboard dengan komponen yang masih lengkap terpasang, sebuah mikroprosesor, dan memori RAM tambahan, serta surat keterangan yang ditandatangani CEO Apple Steve Jobs.

Papan sirkuit nomor 82 yang dilelang itu merupakan salah satu dari 200 Apple I yang diproduksi Apple. Balai Lelang Christie menyatakan, Apple I yang ditawarkan ini masih lengkap berikut kotak kemasannya, manual, tempat kaset, dan dokumen-dokumen pendukung lainnya.

Apple I diklaim sebagai komputer pertama yang telah dilengkapi motherboard rakitan siap pakai. Komputer-komputer lainnya saat itu harus disolder sendiri oleh calon penggunanya. Saat itu, Apple I dijual 666,66 dollar AS dan beredar di pasaran selama 15 tahun sampai 1977. Diperkirakan, saat ini masih ada 50 Apple I yang masih bisa digunakan di seluruh dunia.


Sumber
KOMPAS.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: