Rabu, 03 Februari 2010

STATISTIK DAN STATISTIKA

Banyak persoalan dinyatakan dan dicatat dalam bilangan atau angka – angka. Kumpulan angka – angka itu sering disusun atau disajikan dalam bentuk daftar atau tabel. Sering datar atau tabel tersebut disrtai dengan gambar – gambar, dan disebut dengan statistik. Kata statistik juga digunakan untuk menyatakan ukuran sebagai wakil dari sekumplan data mengenai sesuatu hal. Misal 40% siswa nilai matematikanya kurang dari 6,5 maka nilai 40% ini dinamakan statistik. Dari hasil pengamatan atau penelitian, dalam laporannya sering diperlukan suatu uraian, penjelasan, atau kesimpulan tentang persoalan yang diamati atau diteliti sebelum membuat kesimpulan, keterangan atau data yang terkumpul terlebih dahulu dipelajari, diolah atau dianalisis, dan berdasrkan pengolahan data inilah baru dibuat kesimpulan. Jadi statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara –cara pengumpulan data, pengolahan penganalisisannya dan penarikan kesimpulan berdasrkan kumpulan data dan penganalisisan yang dilakukan.

POPULASI DAN SAMPEL

Totalitas semua nilai yang mungkin, hasil menghitung ataupn mengukur, kuantitatif maupun kualitatif mengenai karakteristik tertentu dari semua anggota kumpulan yang lengkap dan jelas yang ingin dipelajari sifat – sifatnya disebut populasi. Sebagian yang diambil dari populasi disebut Sampel.Untuk mempelajari sifat nilai matematika dari 1000 siswa dengan keterbatasan – keterbatasan ysng disebutkan, maka dilakukan dengan mengambil sebagian nilai dari 1000 siswa tersebut, yang dinamakan sampel pengambilan sampel ini haruslah yang representative, dalam arti segala karakteristik populasi hendaknya tercerminkan pula dalam sampel yang diambil. Dari contoh tersebut, missal sampelnya dapat diambil dari nilai matematika 5 siswa tiap kelas yang diambil secara acak. Kalau ada 25 kelas, maka sampelnya terdiri atas 5 kali 25 sama dengan 125 nilai matematika siswa.

MACAM – MACAM DATA

Keterangan mengenai sesuatu hal bisa berbentuk kategori atau bilangan. Keterangan yang berbentuk kategori atau bilangan disebut data atau data statistik. Data yang berbentuk kategori disebut data kualitatif sedangkan data yang berbentuk bilangan disebut data kuantitatif. Contoh data kualitatif adalah baik, buruk, berhasil,gagal, senang,dst.

Data kuantitatif , dari nilainya dikenal 2 golongan, yaitu data diskrit dan data kontinu. Data diskrit adalah data yang didapatkan dengan cara menghitung atau membilang, sedangkan data kntinu didaptkan dengan cara mengukur.

Contoh data diskrit adalah sebagai berikut:

1. sebuah keluarga empnyai anak 3 laki-laki dan 2 perempuan
2. Di Kecamatan Gamping terdapat 5 SMP Ngeri dan 1 SMA Negeri

Contoh data kontinu adalah sebaagai berikut:

1. Tinggi badan 5 orang siswa adalah : 160 cm, 163 cm, 15 9cm, 170 cm, dan 167 cm.
2. Berat badan 3 orang siswa adalah: 45Kg, 50Kg, dan 53Kg.



http://taufikapriyatno.dagdigdug.com

Tidak ada komentar: