Rabu, 10 November 2010

Silverlight, Teknologi di Balik Pidato Obama


Video pidato presiden Barack Obama di Universitas Indonesia pagi ini dipancarkan ke seluruh penjuru dunia lewat Internet. Bahkan sejak Obama pertamakali dilantik dan diambil sumpah, teknologi Silverlight sudah digunakan untuk memungkinkan siapapun di seluruh dunia menyaksikan videonya secara langsung lewat internet. Apa sebenarnya Silverlight?

Sliverlight merupakan framework aplikasi yang dibuat oleh Microsoft untuk membuat dan menjalankan aplikasi kaya yang berbasis animasi, multimedia, grafis dan fitur-fitur lain. Teknologi ini memiliki fungsi dan tujuan yang serupa dengan Adobe Flash.

Run-time environment untuk Silverlight juga tersedia sebagai plug-in untuk browser-browser yang umum digunakan.

Meski versi awal Silverlight fokus pada streaming media, versi terbaru dari Silverlight, yakni versi 4 yang dirilis pada April 2010 sudah mendukung multimedia, grafis dan animasi yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi internet dengan lebih mudah.

Selain dengan browser yang berjalan di sistem operasi Microsoft Windows, Silverlight juga kompatibel dengan browser yang digunakan pada sistem operasi Mac OS X ke atas.

Untuk perangkat mobile, ponsel berbasis Windows Phone 7 dan Symbian 60 ke atas nantinya juga akan mendukung. Adapun agar pengguna Linux, FreeBSD, dan platform opensource lainnya, Microsoft bekerjasama dengan Novell membuat software implementasi bernama Moonlight. Dengan software ini, pengguna OS opensource itu juga bisa menikmati streaming video online yang menggunakan teknologi Silverlight.

Mau menonton video Obama di Internet? Silakan download Silverlight dari alamat berikut http://www.microsoft.com/getsilverlight/get-started/install/default.aspx. Lumayan, meski sedikit terjadi delay, akan tetapi Anda tidak perlu menginggalkan komputer untuk menyaksikan pidato Obama.

Yang perlu diperhatikan, agar Anda dapat menyaksikannya dengan nyaman, koneksi internet Anda perlu bagus. Saat kami uji coba, bandwidth yang terutilisasi mencapai 800Kbps hingga 1Mbps untuk download dan sekitar 30Kbps untuk upload.

Sumber
VIVAnews


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: