Rabu, 10 November 2010

Raihan Kue Iklan Facebook Lebih Besar

San Francisco: Situs jejaring sosial paling populer di dunia, Facebook, terbukti terkenal pula di kalangan pengiklan di antara peselancar dunia maya. Berdasarkan laporan terbaru firma analisa web comScore, hampir satu dari empat grafis, tampilan online iklan yang dilihat di Amerika Serikat pada kuartal ketiga adalah situs Facebook.

Tampilan 23,1 persen "impression" iklan Facebook naik tajam dari 17,7 persen dalam kuartal kedua dan lebih dari kelipatan perusahaan peringkat kedua, Yahoo Inc., yang memiliki jatah 11 persen.

Faktanya, situs Facebook memenangi lebih banyak "impression" iklan dalam kuartal ketiga ketimbang empat perusahaan selanjutnya yang digabung, yang memasukkan Yahoo!, Microsoft Corp, News Corp`s Fox Interactive Media dan Google Inc.

Analis mencatat bahwa iklan Facebook menjual diskon penting untuk menampilkan iklan yang dijual pada portal web tradisional seperti Yahoo!. Menurut estimasi Kena Sena analis dari Evercore Partners, CPM efektif (cost per thousand impression) bagi Facebook AS tampilan iklan kira-kira satu dolar dibandingkan dengan tiga dolar CPM bagi tampilan iklan pada keluarga situs Yahoo! di AS.

Tapi, Sena mencatat tingkat iklan Facebook meningkat, pemasar membuat peningkatan menggunakan kemampuan untuk menyasar iklan pada pengguna Facebook berdasarkan minat mereka dan informasi lain.

"Itu pasti masalah bagi situs portal. Sementara, Anda masih memiliki semacam pemain tampilan tradisional manfaat dari tren pertumbuhan kuat dalam tampilan (iklan), sosial mungkin mengambil jatah pertumbuhan yang tidak proporsional," kata Senna, seperti dikutip Reuters, belum lama ini.

Menurut eMarketer, firma riset pasar digital, tampilan pasar iklan online AS diharapkan naik kira-kira 13 persen ke US$ 8,56 miliar pada 2010. Yahoo! diharapkan tetap menjadi penjual tampilan iklan nomor satu dengan pendapatan tahun ini, dengan 15,4 persen jatah pasar, menurut eMarketer, dengan Facebook di tempat kedua dengan jatah 9,5 persen.

Facebook merupakan perusahaan swasta, yang memiliki 500 juta pengguna, tidak mengungkapkan pendapatan finansial mereka. Dua orang yang paham dengan keadaan memberitahu kepada Reuters pada Juni lalu bahwa perusahaan itu menghasilkan pendapatan hingga 800 juta dolar AS pada 2009.

Menurut comScore, Facebook menghasilkan "impression" tampilan iklan 297 juta di AS dalam kuartal ketiga. Data comScore termasuk berbagai jenis iklan situs grafis, tapi tidak termasuk iklan video.

Andrew Lipsman dari comScore, mengatakan bahwa Facebook meningkatkan jatah tampilan pasar iklan kemungkinan dihasilkan dari ukuran pertumbuhan cepat pengguna perusahaan. Peningkatan dalam jumlah iklan per halaman yang dihasilkan Facebook dan peningkatan jumlah waktu yang digunakan pengguna di situs itu.

Menurut comScore, pengguna menggunakan rata-rata lima jam per bulan di Facebook selama kuartal ketiga, dibandingkan dengan tiga jam per bulan dalam kuartal ketiga 2009.

"Lebih banyak orang dalam jejaring sosial Anda online, lebih banyak nilai yang diciptakan Anda sebagai seorang pengguna, lebih banyak kemungkinan Anda ikut dan menyumbang," kata Lipsman dikutip Reuters

Sumber
Liputan6.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: