Senin, 01 November 2010

Operator Telko Incer Komunitas Bola


JAKARTA, Operator telekomunikasi kian gencar melebarkan pangsa pasar dengan melirik komunitas. Kini, beberapa operator, seperti XL dan Esia melirik komunitas penggemar bola.

Esia, produk besutan PT Bakrie Telecom Tbk, baru , saja merilis ponsel khusus penggemar klub sepakbola Jakarta (Persija), yaitu Jakmania. Maklum, pangsa pasar terbesar Esia memang masih di seputar Jakarta, besarnya sekitar 60 persen dari total pelanggan Esia.

"Jakmania sangat solid dan jumlahnya cukup banyak," ujar Freddy R. Gultom, Vice President PT Bakrie Telecom, di Jakarta, beberapa waktu lalu. Sebelumnya, Esia memang intens menjadi sponsor Persija.

Sayangnya, belum ada angka pasti berapa jumlah anggota komunitas pecinta Persija tersebut. Namun Freddy memperkirakan, jumlah Jakmania mencapai ratusan ribu orang.

Manajemen Esia menargetkan mereka bisa mendapat 14 juta pelanggan sampai akhir 2010. Hingga September 2010, operator CDMA ini sudah memiliki 11 juta pelanggan.

Tak mau ketinggalan, PT XL Axiata Tbk juga melakukan strategi serupa. Kini, operator GSM terbesar ketiga di tanah air ini membidik penggemar Persib Bandung, The Viking. Tapi, XL tidak membidik mereka dengan ponsel, melainkan dengan kartu perdana.

Bulan ini, XL merilis 400.000 kartu perdana lengkap dengan potongan tarif telepon hingga 20 persen ke sesama pelanggan XL. "Kartu tersebut didesain untuk memberi kemudahan komunikasi seluler penggemar fanatik Persiba," ujar VP Enterprise and Carier XL Titus Dondi, Rabu (27/10/2010).

Dengan promo tersebut, XL yakin bisa mendapat 40 juta pelanggan sampai akhir tahun. Hingga September 2010, jumlah pelanggan XL telah mencapai 38,5 juta orang.

Ketua Umum Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) Sarwoto Atmosutarno yang juga Direktur Utama Telkomsel mengatakan, tahun ini perang antaroperator memang kian sengit. Pasalnya tiap operator mematok pertumbuhan yang tinggi untuk pelanggannya.

Tak heran jika operator kini mulai melirik komunitas. Selain komunitas bola, mereka juga membidik komunitas musik, pelajar, bahkan umat Muslim. "Sah-sah saja operator telepon melakukan terobosan tersebut," katanya.(Kontan/Ario Fajar)

Sumber
KOMPAS.com

Tidak ada komentar: