Jumat, 20 Agustus 2010

Alcatel Lucent Tawarkan Solusi LTE


JAKARTA, Tren teknologi telekomunikasi broadband nirkabel masa depan semakin mengerucut ke LTE (long term evolution). Sejumlah vendor penyedia teknologi jaringan telekomunikasi pun mulai bersaing menjemput kontrak dengan operator termasuk di Indonesia.

Selama ini beberapa vendor yang aktif menawarkan solusi LTE antara lain Ericsson, Nokia Siemens Network, serta ZTE dan Huawei dari China. Kini persaingan pun ditambah dengan tawaran solusi dari Alcatel Lucent, vendor jaringan yang bermarkas di Perancis.

"Setelah lebaran nanti kami akan gelar trial secara indoor dan akan terus update jika akan trial outdoor," ujar Ardo Fadhola, Mobile Solution Manager Radio Access Alcatel Lucent Indonesia, Kamis (19/8/2010). Ia mengatakn pihaknya belum dapat memastikan kapan uji coba lapangan akan dilakukan sampai ada kepastian kerja sama dengan operator telekomunikasi.

Saat ini Alcatel Lucent masih melakukan penjajakan dengan sejumlah operator telekomunikasi seluler di Indonesia untuk melakukan uji coba bersama. Namun, Ardo enggan mengungkapkan operator mana saja yang tengah dijajaki. Solusi LTE selain dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas jaringan GSM juga untuk jaringan CDMA.

Selama ini, Ardo mengakui bahwa Alcatel Lucent memang lebih banyak dikenal sebagai penyedia solusi transport dan serat optik di Indonesia. Namun, sebenarnya perusahaan tersebut memiliki portofolio solusi telekomunikasi nirkabel.

"Sebenarnya kami juga punya portofolio wireless di dunia. Di regional Asia mungkin tidak terlalu terdengar, namun di Eropa banyak dipakai," kata Ardo Fadhola, Mobile Solution Manager Radio Access Alcatel Lucent Indonesia, Kamis (19/8/2010).

Sebagai contoh, kata Ardo, Alcatel Lucent adalah vendor yang dipilih Verizon, operator CDMA di AS, untuk mengimpelemntasikan solusi LTE secara end to end di seluruh jaringannya dari Radio Access, Evolved Packet Core, IP Multimedia Subsystem (IMS), dan solusi backhaul. Empat kontrak komersial dan 50 perjanjian uji coba telah dipegang Alcatel Lucent untuk LTE di sejumlah operator telekomunikasi seluruh dunia.



Sumber
KOMPAS.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: