Selasa, 31 Agustus 2010

Duel HP dan Dell Semakin Panas


NEW YORK, Perang memperebutkan perusahaan penyimpanan data, 3Par Inc. antara Hewlett Packard Co. dengan Del Inc. semakin panas. HP ternyata menaikkan tawarannya dari 1,6 miliar dollar AS menjadi 1,8 juta dollar AS.

Penawaran HP sebesar 27 dollar AS per saham ini lebih tinggi ketimbang harga yang diajukan Dell sebelumnya. Dell sebelumnya juga telah menaikkan tawaran dari 1,15 miliar dollar AS menjadi 1,6 miliar dollar AS.

Harga penawaran terakhir HP ini sembilan kali lipat dari penghasilan 3Par. Persaingan ini juga menunjukkan kedua produsen komputer tersebut benar-benar membutuhkan energi untuk bertumbuh dengan cara mengakuisi perusahaan lain. Asal tahu saja, 3Par menjual hardware dan software untuk memudahkan dan meringankan biaya penyimpanan data.

Setelah HP menaikkan tawarannya, harga saham 3Par melompat 6,6 persen menjadi 27,75 dollar AS per saham. Sebelumnya, saham 3Par turun 73 sen dolar Amerika Serikat menjadi 26,03 dollar AS.

Juru bicara 3Par John D'Avolio mengatakan, perusahaannya belum mau memberikan komentar atas harga baru yang diajukan HP ini. Perusahaan yang berbasis di Fremont, California ini mengatakan akan membayar uang sebesar 72 juta dollar AS kepada Dell jika menerima penawaran dari pihak lain.

Dell juga belum mau komentar. David Frink, Juru bicara Dell mengatakan perusahaanya sedang mempelajari penawaran HP tersebut.

Analis Wedbush Securities Kaushik Roy memperkirakan HP akan memenangkan pertarungan memperebutkan 3Par ini. "HP mempunyai dana untuk membeli apa saja," katanya.

Prediksi Roy mungkin tak salah. Keuntungan HP tiga kali lipat dari Dell. CEO HP Mark Hurd yang tersangkut skandal pelecehan seksual telah membawa HP mengakuisisi berbagai perusahaan lebih dari 20 miliar dollar AS. Ekspansi bisnis ini mulai dari jaringan hingga telepon pintar.

Sementara Dell sendiri sedang berjuang untuk bangkit dari pasar komputer dan memperketat marjin laba. (KONTAN/Edy Can)



Sumber
KOMPAS.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: