Rabu, 18 Agustus 2010

Nokia, Samsung, LG Masih Rajai Ponsel Dunia

Menurut riset terbaru Gartner, ponsel yang terjual di seluruh dunia telah mencapai 325,6 juta unit per semester I tahun 2010. Angka ini meningkat 13,8 persen dibandingkan semester I tahun 2009.

Dari total tersebut, smartphone (ponsel pintar) diestimasi terjual sekitar 19 persen, yakni sekitar 61,8 juta unit secara global, meroket sampai 50,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Meski perangkat komunikasi mobile menunjukkan pertumbuhan double-digit pada semester ini, hargra jual rata-rata (average selling price-ASP) lebih rendah dari yang diharapkan, margin laba juga turun," kata Carolina Milanesi, research vice president Gartner, yang dikutip VIVAnews dari website resminya, Rabu 18 Agustus 2010.

"Margin turun disebabkan penyesuaian harga pasar yang semakin kompetitif. Munculnya produk-produk baru secara cepat menyebabkan perubahan cepat pada harga produk-produk sebelumnya," jelas Milanesi.

Dijelaskannya, duo raksasa produsen LG dan Samsung berlomba-lomba untuk mengakuisisi pangsa pasar di pasar margin rendah. Pendekatan ini, kata Milanesi, terlalu berisiko. "Terbukti, pada semester ini, harga jual rata-rata produk LG turun hingga 27,8 persen," ucapnya.

Sementara itu, produk-produk baru dari Apple, HTC, Motorola berpengaruh sangat kuat pada penjualan smartphone. Kekurangan komponen, seperti layar AMOLED (active matrix organic LED) mengindikasikan bahwa popularitas smartphone mulai menjamur.


Sumber
VIVAnews

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: