Kamis, 26 Agustus 2010

Trafik Komunikasi XL Naik Hingga 32 Persen

JAKARTA--XL Axiata mencatat kenaikan trafik komunikasi hingga 32 persen dalam dua pekan terakhir ini. Kenaikan tertinggi terjadi pada layanan pesan singkat (SMS) yang mencapai 32 persen, disusul layanan data 29 persen dan layanan suara 16 persen.

Direktur Networ XL, Dian Siswarini mengemukakan bahwa, dengan mengamati perilaku komunikasi pelanggan XL, pada mulanya diprediksi akan terjadi penurunan pada trafik SMS. '' Pertimbangannya, banyak pengguna yang kini memanfaatkan layanan data, antara lain untuk chatting,'' kata Dian.

Namun yang terjadi kemudian, baik SMS maupun data mengalami kenaikan. '' Kenaikan terjadi sejak sehari sebelum Ramadhan,'' kata Dian. Ia menjelaskan pada hari biasa, trafik SMS mencapai 470 juta per hari. ''Pada hari pertama Ramadhan naik menjadi 600 juta, dan rata-rata menjadi 620 juta hingga pekan kedua ramadhan,'' ujar Dian.

Dalam dua pekan terakhir, trafik SMS mengalami kenaikan sekitar 32 persen. Kenaikan yang sama terjadi pada layanan data, dengan tingkat kenaikan mencapai 29 persen. Pada hari biasa trafik data sekitar 8,6 terabytes (TB). Pada dua pekan terakhir trafik data mengalami kenaikan menjadi 11,1 TB.

Layanan suara (voice) juga mengalami kenaikan relatif tinggi, yakni 16 persen. Dalam dua pekan terakhir, trafik rata-rata layanan suara mencapai 540 juta menit. Dalam kondisi normal trafik voice tercatat 520 juta menit.

Pada Ramadhan, kata Dian, terjadi perubahan pola komunikasi diantara pelanggan XL. ''Trafik komunikasi tertinggi terjadi setelah buka puasa hingga Sahur,'' kata Dian.

Diminta komentarnya mengenai faktor yang memicu kenaikan trafik, Dian mengakui bahwa struktur tarif murah XL Axiata menjadi faktor utama. ''Salah satunya karena tarif murah,'' ujar Dian.



Sumber
REPUBLIKA.CO.ID

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: