Senin, 23 Agustus 2010

XL Hadirkan Paket Roaming Data di Arab Saudi

Meski kontribusinya tak terlalu besar, bisnis roaming Internasional wajib dipunyai oleh operator selular untuk dapat berkembang. PT XL Axiata Tbk (XL) misalnya. Kontribusi bisnis roaming internasionalnya hanya sekitar empat persen, termasuk layanan data dan suara.

Namun, meski persentasenya kecil, perseroan cenderung mempertahankan bisnis tersebut. Hal itu ditandai dengan penawaran paket roaming Internasional terbarunya, yaitu Unlimited Data Roaming di Arab Saudi.

Paket baru tersebut dibanderol dengan tarif flat Rp75.000 per hari, baik bagi pelanggan prabayar maupun pascabayar. Tarif ini juga berlaku untuk paket data smartphone seperti BlackBerry Internet Service (BIS) dan sejenisnya. Layanan ini berlaku mulai 10 Agustus hingga 31 Desember 2010. Setelah itu, tarif akan dievaluasi kembali sesuai serapan pasar.

"Meski porsinya kecil, permintaan atas layanan roaming internasional pelanggan XL terus meningkat," kata Vice President Enterprise & Carrier XL, Titus Dondi, dalam keterangannya, Jakarta, Senin 23 Agustus 2010.

"Tidak cukup jika hanya layanan suara, tetapi bagaimana agar pelanggan bisa secara mudah mendapatkan layanan-layanan selular lainnya, seperti Internet, semudah di dalam negeri," terang dia.

Sementara itu, Head of Corporate Communication Febriati Nadira mengatakan XL menyasar segmen A atau eksekutif untuk paket Unlimited Data Roaming terbaru di Arab Saudi. "Biasanya keluarga eksekutif. Biasanya mereka melakukan umroh di sela Lebaran," jelas wanita yang akrab disapa Ira.

Dia mengatakan, terdapat 300 sampai 500 nomor pelanggan yang melakukan roaming ke Arab Saudi tiap bulannya. Jika menjelang Lebaran dan Lebaran Haji (Idul Adha), angkanya bisa tumbuh dua kali lipat lebih.

Selain untuk mengantisipasi tingginya permintaan saat menjelang hari raya umat Muslim di atas, Titus mengatakan, paket roaming internasional ini diluncurkan untuk mengantisipasi isu bill shock.

Istilah bill shock populer di industri telekomunikasi sebagai istilah yang merepresentasikan reaksi syok oleh pelanggan yang tagihan telepon selularnya tiba-tiba meledak karena sesuatu hal yang umumnya disebabkan roaming internasional.

"Bill shock sudah menjadi isu global, tidak hanya terjadi di Indonesia. Paket yang kami tawarkan ini juga untuk mengantisipasi isu tersebut. Terutama bagi pengguna XL BlackBerry," terang Titus.

Saat ini, layanan International Roaming dari XL bisa dinikmati di 140 negara. Untuk layanan suara, perusahaan menjalin kerja sama dengan 383 operator di luar negeri. Sedangkan untuk data, XL bekerjasama dengan 153 operator di luar negeri.



Sumber
VIVAnews

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: