Senin, 17 Januari 2011

Playbook Hadir di Indonesia Setelah Mei?

Nusa Dua - Teka-teki soal kapan komputer tablet keluaran BlackBerry hadir di Indonesia mulai terkuak. Senior Director Reseach In Motion Francois Mahieu mengatakan Playbook akan diluncurkan di Amerika Serikat pada kuartal pertama tahun ini.

"Untuk negara lain diperkirakan akan hadir pada kuartal kedua," kata Mahieu kepada wartawan di sela-sela acara BlackBerry Developer Conference Asia 2011, di Nusa Dua, Bali, 13 Januari 2011. Ini artinya Playbook akan keluar setelah Mei 2011.

Mahieu tak bisa memastikan peranti ini bakal dijual dengan harga berapa. RIM kini sedang bekerja keras membereskan persiapan peluncurannya.

Playbook adalah peranti yang disebut-sebut bisa menantang iPad. Berbeda dengan Android yang tampilan animasinya masih kalah dengan iPad, Playbook bisa memainkan animasi dengan baik. Bahkan, mereka bisa menampilkan animasi dalam bentuk Flash maupun Adobe Air.

"Ada tiga kunci keunggulan Playbook," kata Mahieu. Pertama, komputer ini hadir dalam bentuk yang enak ditenteng, layarnya 7 inci, resolusi layarnya bagus, beratnya kurang dari 400 gram. Keunggulan kedua, Playbook menggunakan dual prosesor sehingga pengguna bisa menjalankan multitasking (dalam satu waktu membuka lebih dari satu aplikasi) dengan baik. Keunggulan ketiga, ujar Mahieu, Playbook menawarkan kenikmatan multimedia yang komplet. Peranti ini enak dinikmati karena mendukung Flash daan Adobe.

Paul Burnett, Senior Worldwide Engaelist Creative Solutions dari Adobe sepakat dengan Mahieu. Dia mengaku sudah membeli iPad dan Samsung Galaxy Tab yang berbasis Android. "Peranti ini benar-benar menarik," katanya.

Yang membuat dia kesengsem tentu saja selain karena peranti ini mendukung Adobe Flash dan Adobe air adalah dual prosesornya. Kecepatan prosesor itu membuat, "Playbook bisa memainkan animasi tanpa ada penurunan performa," ujar Paul Burnett.

Dalam dunia komputer, ada adagium semakin cepat prosesor berarti biasanya akan berimplikasi pada semakin boros peranti tersebut. Apakah itu berlaku pada Playbook? Mahieu enggan menjawabnya. Dia juga tak menjawab berapa daya tahan baterai Playbook. "Kami secara resmi belum mengumumkan berapa lama daya tahan baterai," kata Mahieu menambahkan. Tapi, menurut dia, setiap pengguna memiliki kebiasaan yang berbeda-beda, ada yang suka multimedia, dan itu akan mempengaruhi daya tahan baterai.

Sebagai perbandingan, daya tahan baterai iPad bila digunakan dalam keadaan biasa bukan multimedia, bisa tahan sampai 10 jam. Adapun Samsung Galaxy Tab yang berbasis Android daya tahan baterainya mencapai 7 jam.

BURHAN SHOLIHIN



Sumber
TEMPO Interaktif

Tidak ada komentar: