Senin, 17 Januari 2011

Pasar PC Tergencet Tablet

Jakarta - Perusahaan riset International Data Corporation (IDC) menyatakan pengiriman perangkat komputer pribadi (PC) pada kuartal keempat tahun lalu mulai tergerus komputer tablet.
Total jumlah pengiriman PC di seluruh dunia selama kuartal keempat tahun 2010 tercatat sebanyak 92,1 juta unit atau hanya tumbuh 2,7 persen dibandingkan periode yang sama pada 2009. "Jumlah pertumbuhan itu meleset jauh dari target semula yakni 5,5 persen," kata Research Director IDC, David Daoud seperti dikutip situs teknologi PC World, hari ini.

Satu-satunya penyebab turunnya pertumbuhan PC, menurut Daoud, karena semakin meningkatnya popularitas komputer tablet yang dipelopori Apple iPad. "Konsumen telah menggunakan uang mereka untuk membeli perangkat yang memiliki nilai lebih," ujarnya.

Untuk tahun 2011, IDC memperkirakan pasar tablet akan makin semarak dengan hadirnya sistem operasi baru Android 3.0 Honeycomb yang pertama kali diterapkan oleh Motorola lewat tablet Xoom. Persaingan di dunia perangkat komputer tablet juga semakin sengit karena Research in Motion (RIM) ikut "nimbrung" dengan meluncurkan PlayBook plus berbagai vendor komputer lainnya yang semula berkonsentrasi membuat notebook.

Sepanjang tahun ini, IDC memperkirakan pengiriman tablet akan mencapai 40 juta unit, sementara perusahaan riset Gartnet mengkalkulasi terdapat 54 juta unit tablet diproduksi pada 2011.

Acer dan Hewlett-Packard sebagai vendor komputer dunia misalnya, mengalami penuruan pengiriman PC masing-masing sebesar 15 persen dan 0,9 persen selama kuartal keempat 2010. Sementara Dell, Lenovo dan Toshiba mengalami peningkatan pengiriman PC sebesar 4,2 persen, 21,1 persen, dan 12,1 persen.

PC World|Rini K



Sumber
TEMPO Interaktif

Tidak ada komentar: